-->

Memilih Jenis Lovebird Untuk Lomba

Halo sobat kicau mania, kali ini saya selaku admin Budidaya Lovebird akan memberikan informasi seputar jenis lovebird untuk lomba beserta karakteristiknya. Banyaknya jenis burung yang ada di Indonesia, namun yang paling populer adalah burung lovebird. Karena burung paruh bengkok ini mempunyai suara dengan ngekeknya yang sangat unik serta warna pada bulunya yang sangat indah. Maka tak heran banyak para penghobi kicau yang tertarik untuk memelihara burung lovebird.

Memilih Jenis Lovebird Untuk Lomba

Burung lovebird termasuk burung lomba yang mempunyai dua kategori yaitu kontes kicau dan kontes warna. Mengikuti kontes atau perlombaan tentunya kita harus memiliki burung dengan karakter juara dan juga sudah memiliki sebuah pengalaman. Tentu saja bagi yang masih awam akan kebingungan untuk memilih jenis lovebird bagus untuk lomba, karena problem utamanya memiliki kekurangan akan pengalaman dan juga minimnya jam terbang untuk memilah burung bakalan.

Untuk memilih jenis burung lovebird untuk lomba tentunya tidak gampang, namun dengan sebuah keteletian dan pengalaman tentang ciri lovebird fighter mampu membantu kalian untuk menentukan burung sebagai sang juara.

Bagi kalian yang penasaran untuk mengetahui ciri lovebird prospek lomba silahkan simak ulasanya di bawah ini:

jenis lovebird untuk lomba beserta karakteristiknya

jenis lovebird untuk lomba beserta karakteristiknya

Penyortiran burung lovebird fighter sejak dini juga bisa untuk melatih mentanya supaya pada saat sparing burung tidak gampang down. Jika sejak awal burung lovebird belum pernah melakukan pelatihan dengan burung lovebird lainya, maka kemungkinan lovebird akan kalah mental sebelum memasuki sesi pertandingan.

Baca Juga : Cara Memilih Lovebird Untuk Lomba Jantan Atau Betina

Kalian harus mengetahui jika burung lovebird yang tidak bisa ngekek seperti jenis burung lainya dan mentalnya jelek. Maka bisa dipastikan burung akan macet bunyi.

ciri ciri burung lovebird fighter

ciri ciri burung lovebird fighter

Bentuk kepala
Fostur kepala pada burung lovebird sangat mempengaruhi mentalnya maka bisa menjadi sebuah acuan untuk menentukan lovebird fighter. Jika lovebird yang mempunyai bentuk kepala lebih besar maka bisa dipastikan mempunyai nyali yang sangat besar ketika di hadapkan dengan lawan tandingnya. Jadi kalian harus bisa jeli dalam memilih kepala lovebird dengan ukuran yang propesional.

Bentuk Leher
Leher termasuk poin terpenting dalam membetuk cengkok suara ngekek pada burung, karena leher termasuk organ tubuh dimana letak pita suara itu berada. Tipe lovebird yang paling sesuai ntuk di ikut lombakan adalah memiliki leher yang panjang berisi dan juga padat tentunya. Jika lovebird yang mempunyai leher panjang maka bisa dipastikan memiliki sebuah kemampuan tarung untuk mengeluarkan suaranya yang sangat keras.

Kondisi Bulu
Bulu pada burung merupakan ciri terpenting lovebird yang prospek. Biasanya lovebird prospek juara mempunyai warna bulu yang sangat terang dan juga bersih. Sehat dan bersihnya burung merupakan ciri perawatan yang baik. Maka lovebird selalu memiliki mod yang baik.

Postur Tubuh
Lovebird petarung memiliki postur tubuh yang sangat proposional. Kalian harus bisa memastikan bentuk tubuhnya seperti ekor dan juga kaki mempunyai sebuah perbandingan yang proposional. Kalian jangan pernah memilih lovebird yang memiliki bentuk kepala besar namun mempunyai kaki kecil dan juga leher yang sangat pendek.

Baca Juga: Trik Rahasia Sigit WMP Cara Merawat Lovebird Buat Lomba

Bagian Kaki Dan Sayap
Ciri dari dua fisik mencerminkan lovebird ngekek panjang. Burung lovebird yang ngekek panjang biasanya mempunyai sayap yang tegap dan ketika bertengger kakinya kuat untuk mencengkram. Warna pada sayap dan juga kaki bisa memberikan nilai untuk perporma burung.

Sorot Mata
Tipe burung lovebird untuk lomba yang memiliki sorot mata yang sangat tajam, seprti halnya mata melotot. Kalian jangan pernah memilih burung lovebird yang mempunyai sorot mata layu sebagai burung lomba.

Cengkok Suara
Burung yang memiliki cengkok suara bagus maka bisa dipastikan lovebird fighter. Untuk perawtanya kalian beri EF supaya memaksimalkan cengkok ngekeknya supaya lebih panjang.

Jenis Kelamin
Pada umumnya jenis lovebird yang bagus untuk lomba adalah jenis betina, karena lovebird betina lebih cerewet ketika ngekek dan mempunyai kicau yang sangat panjang, ketimbang lovebird jantan.

Sifat Gerakanya
Mempunyai burung lovebird dengan gerakan yang sangat lincah dan gesit maka akan mendapatkan sebuah keuntungan tersendiri. Intinya burung yang sangat aktif akan memberi nilai lebih. Sifat seperti itu bisa kita lihat dari gaya makanya, biasanya lovebird petarung memiliki nafsu makan yang besar.

Baca Juga : Racikan Pakan Lovebird Agar Ngekek Panjang Di Jamin Ampuh

Lovebird Blorok
Jenis blorok merupakan sebuah panggilan untuk lovebird lomba yang mempunyai ciri warna bulu blorok. Untuk mendapatkan burung lovebird blorok kalian harus mengawinkanya dengan jenis yang berbeda.

Contoh seperti mengawinkan lovebird dengan dakori. Maka bisa dipastikan akan mendapatkan anakan lovebird blorok hijau atau green series.

Lovebird Parblue
Jenis parblue merupakan jenis Yelow Face, dalam artian lovebird yang mempunyai muka dengan wrana kuning semu putih. Parblue merupakan singkatan dari partial blue.Yang paling uniknya banyak burung lovebird yang mempunyai paruh warna oren, bukan berwarna merah seperti jenis green series, atau juga utih blue series.

Lovebird Violet
Lovebird violet adaah tipe lovebird yang mampu merubah warna biru pada sponge menjadi warna ungu. Karena lovebird violet ini memiliki gen penurunan sifat. Untuk memiliki lovebird violet, kalian harus mengawinkanya dengan parblu tapi salah satu dari bibitnya harus jenis violet.

Ciri lovebird violet adadlah memiliki warna pada bulunya biri semu ungu violet. Warna tersebut tumbuh pada bagian sayap dan ujung bulu memiliki warna hitam. Namun pada bagaian perut memiliki warna putih dengan kepala warna hitam, dan paruhnya memiliki warna putih semu oren.

Lovebird Batman
Jensi batman memiliki tubuh dengan warna hitam seprti seorang karakter film batman. Lovebird jenis ini sangat langka dan jarang ikut lomba kicau. Tapi lovebird batman merupakan jenis yang paling banyak disukai oleh kicau mania, karena memiliki warna hitam ada kepalanya yang mencirikan karakter maskulin dan juga elegan.

Baca Juga: Vitamin Herbal Untuk Lovebird Supaya Sehat Dan Ngekek Panjang

Ciri lovebird batman ini memiliki warna bulu hitam pada bagian sayap kepala, ekor danpunggung. Tapi pada bagian leher dan dada berwarna putih. Uniknya dari burug ini memiliki lingkar kacamata pada bagian matanya.

Lovebird Biola
Jenis biola ini merupakan lovebird yang paling mahal, dikarenakan lovebird biola jarang ditemukan di pasaran.

Lovebird Lutino
Jensi lovebird lutino merupakan yang paling unik,dari lovebird lainya. Karena lovebird lutini mempunyai mata yang berwarna merah. Banyak para kicau mnia yang menyukai lovebird jenis tersebut, namuan untuk harga lebih mahal dari jensi lainya.

Sekia ulasan yang bisa saya berikan untuk kalia mengenai Jenis Lovebird Untuk Lomba, semoga bisa berguna untukkalian semua. Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial. Terimakasih

Memilih Jenis Lovebird Untuk Lomba