-->

Inilah Perbedaan Branjangan Jantan Dan Betina

Inilah Perbedaan Branjangan Jantan Dan Betina

Perbedaan Branjangan Jantan Dan Betina - Mengetahui jenis kelamin pada burung branjangan memang hal yang sangat rumit bagi mereka pemula di dunia kicau mania. Jenis burung dari keluarga alaudiadae mempunyai penampilan yang sangat mirip dari jantan hingga betina ini. Tidak seperti jenis burung lainya yang mudah kita bedakan mana jantan dan betina. Tapi hal ini bukan masalah yang rumit bagi seseorang yang sudah berpengalaman dan faham menangani burung branjangan ini. Seperti mas Yogi yang sudah bertahun-tahun penghobi burung branjangan ini.

Mas Yogi sendiri sudah lama sekali menggeluti di bidang burung branjangan dan sudah tidak diragukan lagi, sudah bertahun-tahun dia penghobi jenis burung ini. Maka dia pun memiliki inisiatip melestarikan burung yang hampir punah melalui usaha penagkaranya. Sekarang banyak penggemar burung branjangan yang sudah merintis untuk melakukan penagkaran. Selain dari itu burung ini sering sekali di ikut lombakan dalam kontes kicau.

Perbedaan Branjangan Jantan Dan Betina

Jenis jantan dan betina dari branjangan ini mempunyai kemampuan berkicau tapi suara kicau jantan sangat lebih menonjol dan bervariasi. Inilah ungkap mas Yogi cara membedakan jenis kelamin jantan dan betina secara akurat.
  1. Penampilan anakan
  2. Bentuk kepala
  3. Ukuran tubuh
  4. Suaranya
  5. Warna bulu dada
  6. Bentuk ekor
1. Penampilan anakan burung

Inilah Perbedaan Branjangan Jantan Dan Betina

Postur kepala burung branjangan anakan betina lebih kecil dari jenis jantan, selain itu juga burung jantan mempunyai warna bulu sangat terang ketimbang betina, bahkan dari suaranya pun berbeda.

2. Bentuk kepala

Inilah Perbedaan Branjangan Jantan Dan Betina

Jenis jantan mempunyai mata dengan sebuah pandangan yang sangat melotot atau tajam jika kita perhatikan dengan jeli ada bulu yang sangat halus dan berwarna hitam pada bagian mata depan sebelah paruh atas. Selain dari itu jika kalian cermati lagi pada paruh dan kuping bawah akan ada bulu yang berwarna putih berdiri.

3. Ukuran tubuh


Seperti jenis burung lainya Ukuran tubuh jantan lebih besar dari betina, tapi hal tersebut akan berbeda tergantung daerah asalnya. Contohnya saja burung branjangan betina dari daerah jawa maka akan memiliki fostur tubuh lebih besar.

4. Warna pada bulu dada


Seperti umumnya burung jantan mempunyai bulu-bulu yang snagat halus dan juga cerah pada bagian dadanya, Ciri-ciri ini mulai akan terlihat pada burung berusia trotolan.

5. Suaranya


Ketika burung masih muda, burung betna sangat jarang dan juga malas berkicau ketimbang jantan yang muda lebih sering ngeriwik. Ketika burung sudah menginjak dewasa burung jenis betina akan mempunyai sebuah kemampuan berkicau sangat keras tapi tidak banyak variasi atau monoton. Dan untuk jenis jantan memiliki suara kicau yang sangat keras dan banyak variasinya.

6. Bentuk ekor

Inilah Perbedaan Branjangan Jantan Dan Betina

Bagian ekor ini bisa menjadi salah satu yang terpenting kalian perhatikan ketika kalian memilih burung branjangan dengan berjenis kelamin jantan. Untuk burung branjangan jantan bisanya mempunyai bentuk ekor terbuka atau mengembang. Dan untuk ciri bentuk ekor betina mempunyai ekor yang sangat tipis dan menutup.

Jika kaliansudah mengetahui ciri-ciri di atas tadi maka kalian bisa mengetahuinya, sekian ulasan tentang Perbedaan Branjangan Jantan Dan Betina semoga bisa berguna untuk kalian semua. Jangan lupa untuk share artike ini ke media sosial. Terimakasih

Inilah Perbedaan Branjangan Jantan Dan Betina