-->

Inilah Ciri Ciri Kepodang Jantan Dan Betina

Ciri Ciri Kepodang Jantan Dan Betina - Burung kepodang merupakan jenis burung asli indonesia yang memiliki banyak penyebaranya hingga berbagai pelosok nusantara. Jenis burung ini termasuk burung berkicau yang banyak peminatnya karena memiliki suara yang sangat keras namun berirama, selain dari itu kepodang mempunyai warna bulu yang sangat cerah dengan warna dominan kuning. Tempat yang paling disukai untuk bertengger burung ini ketika di alam liarnya yaitu tempat yang paling tinggi.

Inilah Ciri Ciri Kepodang Jantan Dan Betina

Ada baiknya jika kalian memelihara burung ini bukan hanya sekedar menikmati warna dan suaranya saja, namun lebih baik kalian juga harus bisa menernakanya supaya kelestarian dari burung kepodang ini tetap terjaga, karena untuk saat ini burung kepodang hapir sudah tidak bisa kita temukan lagi di tempat asalnya yaitu alam liat atau hutan.

Baca Juga : Harga Burung Kepodang Terbaru 2018

Sebelum kalian mulai menernakan burung kepodang ini ada baiknya kalian harus bisa mengetahui jenis kelamin jantan dan juga betina. Untuk mengetahui perbedaan jantan dan juga betina memang lumayan sulit karena burung ini mempunyai sebuah kemiripan 90% antara jantan dan betina. Namun cara yang paling banyak orang pakai untuk membedakannya yaitu dari suara kicauannya, burung jantan sering berkicau dari pada jenis betina. Namun bukan hanya itu saja ada beberapa poin-poin lagi yang harus kalian ketahui yaitu sebagai berikut.

Ciri Fisik Kepodang Jantan Dan Betina

Sebetulnya memang lumayan rumit untuk mengetahui jenis kelamin dari burung monomorfik, dikarenakan dari segi bentuk dan juga fisiknya hampir mirip. Maka dari itu kita harus melakukan sebuah evaluasi untuk mengetahui sifat perbedaan jantan dan juga betina. Inilah ciri fisik burung kepodang jantan dan betina.
  1. Warna hitam pada bagian kepala atau topeng Warna hitam ini hampir mirip dengan topeng yang terdapat pada bagian kepala yang memiliki warna hitam yang menutupi bagian matanya. Pada ciri ini burung jantan lebih memiliki warna hitam yang sangat lancip bentuknya. Sedangkan untuk jenis betina memiliki topeng yang sangat lebar pada ujung bagian kepalanya.
  2. Ujung Ekor Selain dari yang saya sebutkan di atas, kalian juga bisa mengetahui perbedaan jantan dan juga betina dari bentuk ekor. Jika kalian perhatikan pangkal ekor atas terlihat berwarna kuning. Untuk jenis kelamin jantan burung kepodang ini memiliki warna kuning yang sangat cerah dan jenis betina warnanya sangat pudar. 
  3. Postur Tubuh, untuk postur tubuh ini burung kepodang jantan memiliki ukuran tubuh lebih besar dari pada jenis betina yang lebih kecil
Nah itu lah Ciri Ciri Kepodang Jantan Dan Betina, sekarang kalian sudah mengetahuinya. Sekian ulasan dari saya jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial dan jangan lupa juga tinggalkan komentar anda. Terimakasih

Inilah Ciri Ciri Kepodang Jantan Dan Betina