-->

Cara Membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina - Burung anis merupakan jenis burung berkicau yang memiliki banyak penggemar di kalangan kicau mania. Burung anis atau burung cacing sebutan untuk daerah saya jawa barat, memiliki nama latin Zoothera Citriana. Burung ini memiliki suara kicau yang sangat merdu dan warna yang sangat menarik. Ciri khas dari burung anis ini yang paling banyak disukai kicau mania adalah gaya teler doyong ketika berkicau, hal ini yang menyebabkan burung punglor merah / punglor cacing banyak peminatnya.

Namun kicau burung anis merah jenis jantan lebih bagus variatif ketimbang jenis betina. Maka tidak heran harga untuk burung anis jantan sangat mahal. Jika kalian ingin memiliki anis merah jantan, tentunya kalian harus mengetahui ciri fisik jantan dan betina supaya kalian tidak kecolongan ketika membeli burung anis ini. Nah bagi kalian yang masih baru disini saya akan memberikan ciri anis merah jantan dan betina dewasa secara akurat.

Cara Membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina

Inilah ciri khas dari burung anis merah jantan yang bisa kalian amati dengan seksama.

Cara Membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina

Ciri dari anis merah jantan yaitu memiliki bulu yang sangat cerah dan mengkilap. Jika kondisi burung masih nakan atau trotolan warna kuning pada sayapnya tidak akan ada namun hanya warna hitam cerah. Memiliki bentuk kepala yang sangat lonjong pada anis merah jantan. Memiliki paruh yang sangat runcing dan juga tebal jika kalian lihat dari atas. Lalu posisi mata lurus atau sejajar dengan paruh. Memiliki leher yang panjang dan kaki yang panjang namun terlihat lebih ramping. Tulang pada kloaka rapat dan juga runcing jika kita raba. Ketika berdiri postur tubuh terlihat tegak dan tegas. Ketika berbunyi ia akan memperlihatkan gayanya yang lagi mabuk atau teler.

Ciri-ciri burung anis merah betina

Inilah ciri yang bisa kalian amati supaya sobat bisa mengetahui perbedaanya.

Ciri-ciri burung anis merah betina

Burung anis merah betina memiliki warna pada bulunya yang cenderung kusam dibanding sang pejantan yang memiliki warna yang sangat cerah. Ketika burung masih trotolan atau anakan akan ada warna bintik kuning pada bagian sayapnya. Ketika burung beranjak dewasa warna kuning tersebut akan akan memudar, maka akan sangat sulit untuk membedakan mana jantan dan betina. Memiliki bentuk paruh yang sangat tipis. Mata yang tidak sejajar dengan paruh, dan lehernya pun pendek. Bentuk kepala lebih bundar dari pada jantan yang lonjong. Ketika di dekatkan dengan anis merah jantan ia akan mengepakan sayapnya lalu bersiul namun bukan berkicau.

Baca Juga: Cara Membuat Anis Merah Teler Doyong

Salah satu yang paling unik dari anis merah ini yaitu teler. Ini merupakan sebuah gerakan yang menggelengkan kepala doyong dari kanan ke kiri dengan melemaskan otot leher. Gerakan yang unuk ini sangat mirip dengan gaya orang yang lagi mabuk. Kebiasaan ini sangat jarang dimiliki oleh jenis burung lainya. Para kicau mania pun banyak yang mencari anis merh karena bisa berkicau merdu dan juga lantang. Namun bukan itu saja,burung ini mampu menirukan suara dari jenis burung lainya seperti murai batu, cucak ijokacer dll. Tapi burung anis merah jantan lebih bernilai ketimbang anis merah betina.

Tapi dengan demikian, burung jenis betina ini bukan berarti tidak bernilai. Banyak para kicau mania yang menggunakan anis merah betina ini untuk memancing kicau anis jantan yang masih macet bunyi.

Sekian ulasan yang bisa saya sampaikan untuk kalian mengenai Cara Membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina. Sebenarnya masih banyak lagi trik-triknya tapi disini saya hanya menuliskan poin-poin terpentingnya saja. Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial dan tinggalkan komentar kalian di bawah ulasan ini. Terimakasih

Cara Membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina