-->

Cara Budidaya Lovebird Untuk Pemula Dengan Mudah

Beternak burung lovebird memang sesuatu hal yang sangat menjanjikan sekali, karena banyaknya peminat burung di pasaran. Bukan hanya itu saja jenis burung paruh bengkok ini sudah menjadi primadona yang sangat terkenal di kalangan pecinta burung. Bagi kalian yang ingin memulai beternak burung berkicau, maka dari itu ada banyak tipe burung kicau yang bisa kalian budidayakan seperti kacer, murai, kenari dan juga lovebird. Disini saya akan membehas tentang Cara Budidaya Lovebird, karena jenis burung ini lagi populer di kalangan pecinta kicau.

cara ternak lovebird agar cepat bertelur

Burung lovebird di akhir ini banyak sekali permintaanya dan terus bertambah, bukan hanya di daerah kota saja yang sangat tertarik untuk memelihara burung lovebird ini, namun di daerah perkampungan pun sudah banyak peminatnya untuk memiliki burung paruh bengkok ini. Bahkan ada juga yang sudah sukses mengembang biakanya.

Beternak burung lovebird memang susah-susah gampang, jika kalian sudah mengetahui triknya maka akan dengan mudah menjalanjalankanya dan tidak akan kerepotan jika menemukan sebuah kendala ketika beternak. Beternak burung lovebird akan semakin gampang jika kalian terus belajar, seperti perawatan dan cara menghindari kendala yang akan timbul.

Cara Budidaya Lovebird Untuk Pemula

Cara Budidaya Lovebird Untuk Pemula Dengan Mudah

Seorang peternak biasanya mempunyai teknik masing-masing dalam cara ternak lovebird agar cepat bertelur. Burung lovebird ini asalnya dari negara Afrika yang memiliki sifat monogami, maka bisa dilakukan dengan cara ternak lovebird koloni. Ciri khas dari burung lovebird ini mempunyai suara ngekek dan warna yang sangat cantik.

Untuk meraih sebuah kesuksesan dalam membudidakan burung paruh bengkok ini, kalian harus mengetahui beberapa poin terpenting dalam cara budidaya burung lovebird di antaranya sebagai berikut ini.

  • Jenis burung lovebird
  • Mengetahui jenis kelamin burung
  • Usia tepat untuk dikawinkan
  • Tujuan brending
  • Sangat yang tepat
  • Mengawinkan lovebird
  • Pakan untuk anak lovebird
Jenis Burung Lovebird
Jika kalian ingin membudidayan burung lovebird, kalian harus memiliki jenis burung yang bagus dari keturunan trah juara untuk dikawinkan, supaya nanti memiliki keturunan bagus juga. Bukan hanya itu saja untuk harga jualpun akan sangat mahal bila burung tersebut memiliki keturunan trah juara.

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Burung Lovebird
Mengetahui jenis kelamin burung lovebird memang susah mungkin bagi mereka yang baru masuk dalam dunia kicau mania. Bahkan ada juga yang sudah mahirpun bisa kecolongan untuk membedakanya. Kalian jangan khawatir karena disini saya akan berbagi tips cara membedakan lovebird jantan dan betina secara akurat.
  1. Bentuk fisik burung betina lebih besar ketimbang jantan, namun demikian burung lovebird betina memiliki ukuran kepala lebih kecil ketimbang jantan.
  2. Pinggul burung lovebird betina memiliki pinggul yang besar dari jantan, karena berfungsi untuk bertelur.
  3. Ketika bertengger burung lovebird betina posisi kedua kakinya renggang dibandingkan dengan burung pejantan yang ketika bertengger kakinya merapat antara kaki kanan dan kiri.
  4. Bentuk tubuh burung lovebird betina sangat bulat ketimbang pejantan yang lonjong.
  5. Burung lovebird betina lebih gacor dari pejantan, maka dari itu jenis betina ini sering di ikut lomabakan karena memiliki suara yang bagus dari pada pejantan.
Usia Produktif
Jangan pernah memilih burung yang masih muda untuk dikawinkan, pilihlah usia burung yang sudah siap kawin. Biasanya sang jantan yang sudah siap kawin berusia 8 bulan, dan untuk betina berusia maksimal 1 tahun.

Tujuan Brending
Jika kalian ingin mendapatkan sebuah keturunan yang bagus dari segi kicau, maka kalian pilih jenis betina yang mempunyai suara kicau indah namun lebih baik indukan dari trah juara. Tapi jika kalian ingin mendapatkan warna yang sangat indah dan beraneka warna, maka kalian bisa menggunakan teknik ternak lovebird secara koloni, dalam artian satu pejantan bisa dikawinkan dengan 5 betina dalam satu sangkar.

Kandang Ternak Lovebird
Unuk pemula Beternak burung lovebird akan lebih gampang jika dikawinkan secara berpasangan 1 jantan dan 1 betina dalam satu sangkar, namuan akan lebih sulit jika diternakan dengan cara koloni. Maka kalian harus menyiapkan kandang yang tepat khusus untuk beternak. Jangan lupa juga siapkan tempat untuk bertelur bisa kalian gunakan rerumputan kering, daun pinus kering dan juga ranting, taburkan saja di bawah sangkar, nanti juga sang jantan akan menyiapkan tempat untuk bertelurnya betina dengan mengangkutnya ke atas.

Baca Disini: Kumpulan Kandang Ternak Lovebird Sederhana

Cara Mengawinkan Lovebird
Setelah kalian menentukan umur pada burung lovebird betina dan juga jantan, dan mereka sudah siap untuk dikawinkan. Untuk awal mula burung jangan di gabungkan dulu dalam satu sangakar, tapi pisahkan dulu dan gantang secara berdekatan supaya saling mengenal. Jika salah satu dari mereka sudah terlihat birahi maka kalian boleh menyatukan mereka dalam satu sangkar, biasanya masa ini membutuhkan waktu sati minggu.

Lamanya lovebird mengerami telur selama 22 hari - 25 hari, ketika proses pengeraman jangan ada gangguan dari luar sebaiknya kandang ternak simpan di tempat yang sepi supay proses pengeraman berjalan dengan lancar.

Pakan Untuk Anak Lovebird
Ada banyak tipe pakan untuk burung lovebird anakan yang sudah bisa kita beli di toko-toko burung. Namun ada baiknya kalian coba menggunakan pakan dari bubur bayi seperti bubur Sun. Cara pemberiannya pun sangat mudah campurkan bubur sun dengan air secukupnya lalu berikan pada anak lovebird dengan cara melolohnya.


Sekian ulasan yang bisa saya sampaikan tentang Cara Budidaya Lovebird, sebenarnya masih banyak step-step untuk breding ini, namun saya tulis bagian yang terpentingnya saja. Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan dalam dunia budidaya lovebird. Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial dan jangan lua juga untuk tinggalkan komentar anda di bawah ini. Terimakasih

Cara Budidaya Lovebird Untuk Pemula Dengan Mudah