-->

Inilah Ciri Ciri Kacer Trotol Jantan Dan Betina

Ciri Kacer Trotol Jantan - Kacer adalah salah satu ragam burung kicauan yang sangat popular di Indonesia. Suaranya yang sangat nyaring, bervariasi, dan sifatnya sebagai burung teritorial membikin para kicaumania banyak menyukainya. Dahulu kacer bakalan lebih tak jarang dicari, sebab harganya yang jauh murah. Sekarang justru banyak yang membeli burung kacer trotolan, dengan alasan sangat mudah dirawat, dapat dimaster semenjak dini, dan gampang suara.
Inilah Ciri Ciri Kacer Trotol Jantan Dan Betina

Melainkan masalahnya ialah bagaimana mengidentifikasi ragam kelamin (sexing) kacer trotolan, sebab burung jantan dan betina pada usia hal yang demikian mempunyai penampilan yang hampir sama. Kiat singkat berikut ini semoga bisa menolong Anda dalam membedakan ragam kelamin kacer trotolan.

Baca Juga: Penangkaran Kacer Sangkar Gantung Bagi Pemula

Selama ini, burung kacer yang banyak dicari ialah berjenis kelamin jantan, lantaran bunyi kicauannya lebih bervariasi dan lebih nyaring ketimbang burung betina, meskipun sebetulnya kacer betina juga mempunyai kecakapan yang hampir sama dengan burung jantan.

Inilah Ciri Ciri Kacer Trotol Jantan Dan Betina

Dari segi penampilannya yang hampir mirip, karakter dan juga bunyi kacer trotolan jantan ataupun betina dikala kelaparan juga memiliki sebuah kemiripan. Melainkan sesudah burung mabung, dan berganti dari bulu trotolan menjadi bulu dewasa, tidaklah susah membedakan mana jantan dan mana betina. Persoalannya, kita kan sedang mencari kacer trotolan?

Baca Juga: Ciri Ciri Kacer Kalimantan Yang Bagus

Berikut ini sebagian berita yang dikumpulkan Admin Budidaya Lovebird bagus dari beberapa sumber mengenai sistem membedakan ragam kelamin kacer trotolan. Walaupun kecermatannya tak mungkin dapat menempuh 100 persen, setidaknya dapat menjadi tutorial bagi Anda dalam memilih kacer trotolan di pasar burung.

Inilah Ciri Ciri Kacer Trotol Jantan

Secara lazim, burung kacer trotolan jantan dan betina dapat kita dibedakan dari sebagian format komponen tubuhnya, antara lain:

  1. Wujud kepala,
  2. Wujud paruh dan warna paruh,
  3. Warna punggung dan sayap,
  4. Wujud tubuh dan gaya berdiri.

Kita kupas satu-persatu ya…

Wujud kepala


Lazimnya kepala kacer trotolan jantan kelihatan lebih persegi atau mempunyai kepala yang sedikit lebih rata / ceper bila diperbandingkan dengan burung betina.

Wujud dan warna paruh

Inilah Ciri Ciri Kacer Trotol Jantan Dan Betina

Kacer trotolan jantan rata-rata mempunyai paruh pendek yang berwarna hitam di komponen atas dan paruh komponen bawahnya, lebih-lebih pada komponen yang berbentuk huruf “ Λ “. Metode ini dianggap lebih cermat dalam membedakan ragam kelamin kacer trotolan. Baca Juga: Perbedaan Kacer Jawa Dan Kacer Poci

Warna punggung


Kacer trotolan jantan mempunyai warna bulu di komponen punggung dan sayap yang hitam, sedikit legam. Adapun burung betina mempunyai warna bulu di kedua komponen hal yang demikian hitam jelas atau hitam bercampur abu-abu atau coklat.

Wujud tubuh dan gaya berdiri

Inilah Ciri Ciri Kacer Trotol Jantan Dan Betina

Wujud tubuh kacer trotolan jantan lebih langsing, dada lebih bidang, dan bila berdiri kelihatan lebih tegap. Adapun kacer trotolan betina lazimnya mempunyai tubuh bulat. Memang ada yang mengatakan, hal ini tak dapat menjadi barometer, sebab bila berumur kurang dari 3 pekan, situasi burung jantan dan betina sama-sama kelihatan gemuk. Nah, beberapa kacermania Indonesia juga meyakini, lidah trotolan jantan mempunyai 1-2 bercak hitam (blackspot).

Download kompilasi suara masteran dari semua jenis burung disini SUARA BURUNG

Itulah sebagian tutorial mengenai Ciri Ciri Kacer Trotol Jantan Dan Betina. Sambil berlatih menjalankan sexing, Anda nantinya perlu menguji kebenarannya hingga burung rampung mabung.

Inilah Ciri Ciri Kacer Trotol Jantan Dan Betina