-->

Inilah Cara Membedakan Parkit Jantan Dan Betina Paling Akurat

Cara Membedakan Parkit Jantan Dan Betina - Parkit termasuk salah satu dari ragam hewan rumahan favorit dari keluarga. Burung parkit ini mempunyai warna warni bulunya yang menonjol sangat menawan. Kemudian burung yang telah termasuk pada kelompok paruh bengkok atau istilahnya parrot ini juga seperti itu layak untuk dipelihara di rumah menjadi hewan kesayangan anda. Di negara Amerika lebih-lebih, banyak orang yang ingin memelihara burung parkit sebagai hewan rumahan. Sebab selain dapat dijinakkan, burung ini bahkan juga cukup jago dan rajin dalam berkicau.

Inilah Cara Membedakan Parkit Jantan Dan Betina Paling Akurat

Harus kita kenal bersama, jika burung paruh bengkok atau burung ragam parrot ini, termasuk ragam burung yang lincah. Tidak dapat diabaikan jika banyak pemelihara burung gemar sekali dalam menjinakkan burung parkit, burung beo, kakak tua, cockatiel, love bird dan juga bermacam ragam ragam burung paruh bengkok yang lainnya.

Kemudian tidak banyak orang mengetahui jika pada dasarnya, burung parkit dengan ragam kelamin jantan jauh lebih gampang untuk dilatih jika dibandingkan dengan burung parkit betinanya. Maka dari itu, sebelum anda membeli burung parkit untuk dilatih, pastikan jika anda membawa pulang burung yang pejantan.

Cara Membedakan Parkit Jantan Dan Betina

Dan jika anda ingin ternak burung parkit, sebaiknya anda dapat memprediksi usia parkit dan membedakan ragam kelamin parkit jantan dan betina. Sebab masih banyak juga yang menanyakan mengapa parkitnya tidak juga ingin bertelor, sedangkan telah lama berpasangan. Dan sesudah diselidiki, ternyata burung itu masih seperti itu muda.

Kenyataannya, sebagian besar dari pemula yang mencoba ingin beternak parkit masih belum mengetahui bagaimana sistem membedakan burung parkit masih muda yang belum siap untuk diternakkan. Dan parkit yang seperti apa yang telah siap untuk reproduksi. Berikut ini perbedaan burung parkit jantan dan betina yang anakan.

Tengara Garis Di Kepala

Dalam sebagian ragam burung parkit, burung parkit yang masih berumur di bawah 4 bulan punya garis-garis di bagian bulu di depan kepala. Garis-garis yang menonjol menawan ini ini berjajar sampai dengan pangkal paru. Bertempat pada dekat cere ataupun dekat pada lubang hidungnya.

Pada dikala berusia 5 bulan, garis-garis itu akan sirna, karena burung parkit akan mengalami proses yakni rontok bulu atau mengalami fase mabung untuk yang pertama kali. Sebulan selanjutnya, atau dikala usia 6 bulan ke atas, warna bulu pada bagian depan kepala yang awal mulanya terdapat garis-garis akan berubah menjadi lebih jelas dan garis-garis telah sirna dengan permanen.

Nah, pada dikala bulu pada bagian depan kepala telah mulai menonjol jelas jelas, kondisi ini yakni pedoman parkit telah siap untuk dikembangbiakkan. Komponen sepatutnya anda ingat, dalam sebagian ragam parkit yang lainnya, kadang kala garis-garis bulu ini juga tidak menonjol jelas atau bahkan menonjol samar-samar sedangkan usianya masih seperti itu muda.

Tengara Iris Mata

Iris mata yakni bagian seperti halnya cincin yang mengelilingi pada bagian bola mata, atau dapat juga dinmakan cincin mata. Kita juga dapat memprediksi usia parkit jika diperhatikan dari warna iris matanya. Hal ini sangat penting untuk mengkonfimasi dari prediksi awal berdasarkan dengan garis pada kepala.

Dalam ragam parkit tertentu yang pada dikala muda hanya punya garis samar-samar, tengara bagian iris mata menjadi seperti itu membantu dalam memprediksi tentang usia. Burung parkit yang berumur masih sangat muda, atau berusia yang kurang dari 4 bulan, punya iris mata dengan warna hitam, bahkan seluruhnya punya warna hitam. Pada dikala menjelang usia 4 sampai dengan 6 bulan, warna iris menjadi abu-abu yang gelap.

Jika kalian sedang mencari suara masteran dari semua jenis burung klik disini SUARA BURUNG

Berikutnya pada dikala usia 6 sampai dengan 8 bulan berwarna abu-abu, sampai pada kesudahannya dikala telah berusia 8 bulan atau bahkan lebih mempunyai warna putih yang jelas. Pada waktu inilah burung parkit telah siap untuk dikembangbiakkan.

Tengara iris mata yang seperti ini tidak berlaku untuk parkit ragam tertentu yang secara genetis memang telah punya iris mata berwarna merah. Dan burung parkit hasil mutasi warna seperti halnya burung parkit albino, lutino, lacewing, serta fallow yang pada biasanya mempunyai iris mata yang berwarna pink.

Tengara Bintik Hitam Di Dagu dan Leher

Parkit yang mempunyai usia yang masih muda terdapat bintik-bintik atau titik dengan warna hitam dan tidak beraturan. Komponen terdapat pada bulu di bagian dagu dan juga bagian lehernya.

Bintik-bintik ini akan dapat menyatu serta menjadi titik atau pedoman yang hitam dan juga besar sesudah burung parkit berusia dewasa.

Tengara Warna Hidung atau Cere

Memperhatikan pada bagian hidung atau bagian cere juga dapat diciptakan tengara guna memperkirakan usia dari burung parkit. Seandainya warnanya kian menonjol jelas, maka kian muda usianya.

Membedakan Burung Parkit Jantan dan Betina Dewasa

Sesudah mengetahui sebagian tengara untuk membedakan atau memprediksi usia dari burung parkit, hal selanjutnya yang tidak keok pentingnya dalam konteks penangkaran atau peternakan yakni membedakan ragam kelamin burung parkit jantan dan betina hal yang demikian.

Untuk ragam kelamin burung parkit jantan dan betina dapat kita amati antara lain diperhatikan pada bagian pangkal paruh. Komponen mana kedua lubang hidung atau nostril atapunu cere menonjol berada.

Untuk burung yang jantan, warnanya menonjol biru tua mengkilat. Kemudian pada burung betina yang mempunyai warna keputihan atau berwarna coklat muda. Langkah ini hanya berlaku untuk membedakan burung parkit yang telah dewasa, atau telah mempunyai usia 6 bulan keatas.

Pada burung parkit yang masih muda, apalagi jika umurnya masih di bawah 4 bulan, untuk warna pada bagian pangkal paruh ini nyaris sama seluruh, putih atau berwarna coklat muda. Akan tetapi jika diperhatikan secara akurat, maka untuk burung parkit yang muda dengan ragam kelamin jantan warnanya sedikit lebih kebiruan. Dan kemudian akan kian menonjol jelas seiring dengan bertambahnya usia.

Lihat Sebab Cere atau Lubang Hidung

Ini termasuk sistem paling gampang dan akurat untuk mengetahui ciri-ciri dari burung parkit dengan ragam kelamin jantan. Parkit dengan ragam kelamin jantan punya cere berwarna biru. Kemudian untuk burung betina punya cere dengan warna putih. Itulah sistem yang paling gampang untuk mengetahui perbedaan parkit jantan dan betina.

Akan tetapi, sayang sekali hal ini dapat dikerjakan jika burung parkit hal yang demikian telah berumur kurang lebih 1 tahun. Sebab kian dewasa maka warna dari cere akan jadi kian menonjol. Berbeda sekali jika burung parkit masih dalam kelompok anakan atau masih bakalan. Dalam membedakan burung parkit jantan dan betina pada waktu usia masih muda, anda juga sepatutnya lebih teliti lagi dalam mengamati bagian cere.

Pada biasanya, burung parkit jantan yang masih muda punya bagian cere berwarna putih kemerah-merahan atau berwarna pink. Dan untuk pigmen pada cere belum terbentuk total jadi warna biru tersamar menjadi warna pink. Sayang sekali, hal seperti ini tidak dikenal banyak orang, jadi banyak orang sering menganggap jika burung parkit yang punya cere berwarna pink akan dianggap sebagai parkit yang betina. Faktanya, burung parkit betina yang masih muda punya cere dengan warna putih gading atau bahkan warnanya kusam.

Sekian ulasan dari saya tentang Cara Membedakan Parkit Jantan Dan Betina, semoga dengan artikel ini bisa membantu kalian dalam membedakan jenis kelamin burung parkit. Terimakasih

Inilah Cara Membedakan Parkit Jantan Dan Betina Paling Akurat