-->

Cara Ternak Love Birds Supaya Cepat Menghasilkan Dengan Sangat Mudah

Cara Ternak Love Birds Supaya Cepat Menghasilkan Dengan Sangat Mudah

Ternak Love Birds menjadi salah satu usaha yang betul-betul menjanjikan, karena banyaknya peminat burung ini di pasaran yang ingin memeliharanya. Kecuali itu, lovebird juga menjadi salah satu burung primadona yang betul-betul populer di negeri ini. Bagi sobat yang tertarik untuk mengawali usaha budidaya ternak burung kicau, karenanya ada banyak burung yang dapat diwujudkan alternatif untuk beternak, mulai dari burung kenari, lovebird, kacer, murai batu, dan lain sebagainya. Sobat wajib tahu, terpenting wajib sensitif mengenai burung apakah yang dikala ini sedang isu terkini dan dicari banyak orang.

Kami akan mencoba memberikan salah satu result untuk sobat, yakni burung lovebird. Nah, burung lovebird akhir-akhir ini menjadi burung yang peminatnya terus bertambah, sebab tak cuma di kota-kota besar saja yang beratensi untuk memelihara burung ini, di perdesaan malah mulai banyak yang bermiant untuk memilikinya, pun hingga tertarik untuk mengembangkannya.

Ternak lovebird dapat dibilang sulit-sulit mudah, melainkan apabila telah cukup pengalaman, karenanya akan tahu kiat triknya, sehingga dengan gampang dapat menyelesaikan seluruh masalah dan keperluan dari burung lovebird itu sendiri. Untuk mengoptimalkan lovebird malah akan kian gampang apabila anda terus berupaya dan belajar, secara khusus dalam hal perawatan serta menyelesaikan gangguan yang terjadi pada lovebird.

Baca Juga: Nama Lovebird Berdasarkan Warna

Seorang breedeer (peternak) lazimnya mempunyai metode sendiri-sendiri dalam mengembangbiakan burung yang betul-betul menarik ini. Sejatinya, Lovebird berasal dari benua Afrika. Burung ini bersifat monogami, melainkan juga dapat dikembangbiakkan dengan metode poligami. Burung lovebird mempunyai bunyi yang betul-betul berkarakter, familiar dengan ngekek nya yang khas.

Untuk dapat berhasil berternak Lovebird, anda diwajibkan mengenal sebagian unsur-unsur penting yang akan mendorong kesuksesan pengembangbiakan burung, diantaranya ialah,

Cara Ternak Love Birds Agar Cepat Bertelur

Memilih Macam Kelamin Lovebird
Bagi orang umum, untuk membedakan Lovebird betina dengan Lovebird jantan sangatlah susah, pun seorang profesional malah sesekali masih dapat kecele. Walau demikian, anda tak perlu cemas sebab ada sebagian metode yang dapat kita pakai untuk mengenal variasi kelamin dari Lovebird, berikut ialah sebagian diantaranya. Baca Juga : Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina
  • Betina lazimnya mempunyai ukuran yang lebih besar ketimbang pejantan. Walaupun demikian, lazimnya ukuran kepala betina sedikit lebih kecil.
  • Macam betina mempunyai tulang panggul yang lebih lebar sebab akan dipakai untuk bertelor.
  • Juga, anda dapat memandang perbedaan antara pejantan dan betina pada dikala mereka bertengger. Postur Kaki pada burung  Lovebird betina akan sedikit renggang diperbandingkan pejantan.
  • Jangan tertipu dengan Lovebird yang berpasangan. Kala Lovebird jantan dapat berpasangan dengan pejantan lainnya. Demikian juga sebaliknya. Dengan kata lain, ada banyak Lovebird yang berpasangan sesama variasi.
  • Wujud tubuh dari Lovebird betina lazimnya lebih bulat dan terasa berisi.
  • Betina juga lazimnya mempunyai bunyi kekek yang lebih panjang.

Umur Produktif
Seekor Lovebird pejantan telah siap untuk membuahi pada umur 8 bulan. Meskipun untuk betina idealnya berusia 1 tahun.

Baca Juga: Teknik Rahasia Perawatan Lovebird Juara Piala Raja

Memastikan Tujuan Breeding
Apabila anda berkeinginan menciptakan burung Lovebird yang mempunyai bunyi baik, sebaiknya anda memilih betina yang juga mempunyai bunyi baik. Tetapi jikalau anda mengharapkan warna yang baik, sebaiknya anda juga mencoba mengawinkan antara satu pejantan dengan sebagian betina. Anda dapat melaksanakannya dengan sistem poligami seperti satu pejantan dikawinkan dengan tiga betina.

Kandang Lovebird
Sepasang Lovebird lazimnya akan lebih gampang dikembangbiakkan diperbandingkan dengan jikalau dikumpulkan dalam jumlah yang banyak di dalam satu sangkar. Dengan demikian, anda dapat merancang sebuah kandang yang kaprah-kaprah ukurannya antara 40 x 40 x 40 / 50 x 50 x 50 cm. Kemudian, jangan lupa untuk memberikan daerah bertelor (sarang) anda dapat membuatnya dari kotak yang berukuran 20 x 25 x 25 cm.

Anda dapat mengisinya dengan daun kering, ranting-ranting, rumput kering atau sobekan kain, anda juga dapat menambahkan serbuk gergaji yang tak terlalu beraroma. Serbuk gergaji akan berfungsi untuk meresap tiap-tiap kotoran atau sesuatu yang lembab.
Macam burung ini betul-betul menyenangi bertengger sehingga usahakan untuk tak lupa memberikannya daerah bertengger, dapat terbuat dari kayu atau ranting.

Mengawinkan Lovebird
Sesudah anda memutuskan umur Lovebird pejantan ataupun betina, lazimnya mereka telah siap untuk kawin. Untuk Lovebird jantan, umur pas ialah 8 bulan, dan untuk yang betina lazimnya dikala menempuh umur 1 tahun. Tempatkan mereka didalam satu sangkar, lazimnya mereka akan kawin, dan kemudian akhirnya dapat kita lihat antara 3 sampai 10 hari sesudah perkawinan terjadi.

Meskipun waktu inkubasi (mengeram) berlangsung antara 22 sampai 25 hari. Pelaksanaan mengeram hal yang demikian sebaiknya jangan diganggu, selain jikalau buah hati burung dipungkiri oleh induknya.

Makanan Si Lovebird
Ada banyak variasi makanan untuk buah hati Lovebird yang dapat ditemukan di warung-warung pakan. Tetapi, jikalau anda kesusahan untuk menemukan makanan khusus untuk buah hati-buah hati Lovebird, ada bagusnya anda menggantinya dengan Bubur instan untuk bayi seperti Bubur SUN. Berikan pula multivitamin untuk menjaga kesehatan burung. OrBird dapat menjadi opsi yang pas sebagai vitamin untuk burung kicau.

Baca Juga: Vitamin Herbal Untuk Lovebird

Sistem pemanfaatannya cukup simpel, pertama siapkan Bubur SUN, kemudian tambahkan air hangat secukupnya, aduk sampai encer dan merata, kemudian, anda dapat menerapkan bantuan suntikan tanpa jarum untuk meloloh burung anakan.

Jika kalian sedang mencari suara masteran dari semua jenis burung klik disini SUARA BURUNG

Sekian ulasan dari saya tentang Cara Ternak Love Birds, semoga dengan ulsan ini dapat membantu kalian dalam penernakan burung lovebird. Terimakasih

Cara Ternak Love Birds Supaya Cepat Menghasilkan Dengan Sangat Mudah