-->

Trik Rahasia Sigit WMP Cara Merawat Lovebird Buat Lomba

Trik Rahasia Sigit WMP Cara Merawat Lovebird Buat Lomba

Banyak sekali para pecinta kicau mania yang sering menanyakan Cara Merawat Lovebird Buat Lomba. Pada kesempatan hari ini selaku admin Budidaya Lovebird akan memberikan informasi cara memberi perawatan untuk burung kontes. Teknik ini saya dapatkan dari seseorang yang sangat terkenal sekali yaitu seorang yang bernama Mas Sigit WMP. Mas Sigit merupakan pecinta burung lovebird yang pernah menjuarai kontes lovebird. Burung lovebirdnya pun pernah di tawar dengan harga Rp. 2,2 M namun dari tawaran tersebut mas sigit sendiri tidak menerimanya, karena lovebird kusumo tidak untuk di jual karena merupakan burung kesayanganya.

Dengan harga yang pernah di tawarkan itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan sebuah perjuangan dalam merawat burung lovebird kesayanganya. Sampai saat ini lovebird kusumo telah mendapatkan berbagai piagam juara pertama sebanyak 267 kali, itu pun belum terhitung dengan juara 2 dan 3 nya yang pernah mas sigit dapatkan.

Dengan banyak penghargaan sebanyak itu, sehingga mas sigit WMP begitu sangat exis dengan lovebird kusumonya dari berbagai kalangan kicau mania. Bahkan mas sigit sendiri pernah di mintain sebuah keteranganya terkait caa merawat burung lovebird kesaanganya. Nah untungya pria yang berusi 23 tahun ini sangat bersedia untuk memberi tips rahasia merawat lovebird untuk lomba, dari sebuah pengalamnya sendiri.

Trik Rahasia Sigit WMP Cara Merawat Lovebird Buat Lomba

Tipsnya itu dia share ke media sosial facebook dengan nama akunya Sigit WMP Klaten. Kalian sudah penasaran dengan perawatan harian lovebird kusumo? Silahkan simak triknya berikut ini.

Cara Merawat Lovebird Buat Lomba

  • Tips Mengurangi Lovebird Turun Ke Bawah Atau Nebok
Sewaktu burung di mandikan burung musti di pegang den di elus menggunakan air, air yang di guanakan tersebut yaitu langsung dari kran atau air hujan. Ketika waktu sore burung harus di semprot di bagian dadanya tapi jangan sampai semua badanya basah, lalu burung langsung di krodong. Teknik ini harus kalian lakukan secara rutin ya.

Ganti tangkringan burung dengan sebuah ukuran yang sama seprti ukuran yang sangat standar bawaanya sangkar plastik yang bulat. Lalu kalian pilih tangkringan dengan sebuah kepadatan yang paling di sukai sang burung. Yang terpenting si lovebird merasa nyaman ketika dia bertengger.
  • Trik Lovebird Over Birahi
Setiap pagi hari burung krodongnya di buka untuk di embunkan namun tidak dijemur. Biasakan burung ketika sewaktu dimandikan harus basah kuyup setiap paginya, lalu kalian angin angin saja. Burung harus di tempatkan berada jauh dari jenis burung lainnya. Taruhlah burung di tempat yang sangat adem atau sejuk jangan sampai di tempatkan di ruangan pengap ya gan. Ketika memasuki waktu siang hari burung jangan di krodong. Nah jika pada sore hari burung harus dimandikan sampai basah.

Jika kalian merasa tidak sempat memandikan burung pada sore hari, kalain bisa menyemprotnya setelah magrib, tapi jangan terlalu basah ya terus kalian krodong. Untuk makanan harianya kalian cukup beri milet putih saja.
  • Menyiapkan Lovebird Untuk Ikut Dilombakan
Kriteria burung lovebird yang boleh ikut dilombakan yaitu yang sudah memiliki umur 3,5 bulan atau 4 bulanan. Tapi jangan terlalu keseringan diikut lombakan, maksimal 1 kali di gantang dalam satu minggu. Jika burung selalu di gantang maka akan menimbulkan efek yang tidak baik, seperti burung tidak mau bunyi ketika nangkring, burung selalu ngeruji atau nempel, burung selalu sering main di bawah tangkringan, dan yang paling parah yaitu ketika mabung tidak pernah kelar.

Maka dari itu usia yang paling maksimal untuk di ikut lombakan adalah burung berusia 6 bulan, tapi di usia 6 bulan itu burung sering mabung, Maka akan memakan waktu sampai 2-3 bulan. Usia yang paling tepat supaya aman burung untuk ikut kontes berusia 7 bulanan. Jika kalian tetap memaksa untuk ikut kontes, maka bersip-siap untuk mendapat hasil yang sangat buruk. Tapi kalian tidak perlu merasa khawatir,Mas sigit telah memberikan tipsnya berikut ini.
  1. Segera jodohkan burung lovebird kalian.
  2. Turunkan ferforma si burung, burung harus di taruh di kandang berbentuk oval atau bulat juga bisa, namun burung harus sendiri jauh dari jenis burung lainnya, berikan pakan berupa milet putih.
  3. Mandikan burung dengan air hujan, bukan berarti burung mandi di malam hari.
  4. Mandikan burung secara rutin di pagi hari dengan basah kuyup.
  5. Jemurkan burung selama 15 menit saja maksimal 20 menit.
  6. Ketika lovebird di mandidkan, posisi burung harus di pegang dan di elus dengan air.
  7. Ketika siang hari burung lovebird jangan di krodong dan di master.
  • Memilih Lovebird Untuk Lomba
Kalian mungkin selalu bingung untuk memilih lovebird untuk lomba apakah harus memilih burung ombyokan atau dari pasar. Jika kalian beli dari pasar,kalian harus jeli untukmemilih burung. Tanyakan kepada pedagang, burung yang sudah berusia 3 bulan ke atas yang mana. Pilihlah burung yang memiliki postur tubuh yang sangat lincah dan juga sehat. Periksa juga fisiknya seperti matanya cerah, bulu dan juga paruh burung. Pilih lovebird yang tidak takut kalau kita dekati atau tidak terbang garabagan. Pilihlah burung yang ketka nangkringnya santai namun selalu mengeluarkan bunyi.

Jika kalian memilih burung lovebird dari peternak, kalian harus tanyakan indukanya yang mana. Pilihlah burung lovebird yang udah berusia 3 bulanan supaya nantinya tidak kelamaan untuk kalian merawatnya. Supaya nanti bisa di ajak latihan ketika sudah memasuki usia 4 bulanan. Pilihlah warna yang sangat unik.

Baca Juga: Jenis Love Bird Dan Harganya Dari Yang Termurah Hingga Yang Termahal

Carilah lovebird yang dari hasil latihan, kalian harus bisa memilih lovebird yang ketika di gantang bisa ngekek namun gak panjang, biasanya jenis burung seperti ini harganya murah. Jika kalian memilih lovebird yang pernah juara, kalian harus bisa lebih teliti dalam dalam melihat performanya ketika di gantang. Jika burung lovebird tidak rajin ngekek, mending anda jangan memilihnya.
  • Cara Mengatasi Lovebird Yang Tidak Ngekek Ketika Di Lapangan
Ketika sudah memasuki H-1 burung jangan di jemur, cukup waktu pagi saja diembunkan,semprot saja sedikit lalu di angin-anginkan. Jauhkan burung lovebird dari jenis burung lainnya, ketika memasuki siang hari burung jangan di krodong. Ketika memasuki hari H sewaktu masih di rumah burung harus di embunkan semprot lalu di krodong. Setelah sampai di lokasi kontes, burung harus bunyi ngekek terus buka krodongnya. Boleh kalian langsung gantang di posisi mana saja supaya bisa menyesuaikan diri, dan tunggu burung lovebird bunyi sekali sampai dua kali.

Baca Juga: Perbedaan Lovebird Pastel Kuning Dan Lutino

Jika burung lovebird hanya ngtik atau mompa, boleh kalian menyemprotnya secara lembut pada bagian dada kemudian krodong kembali. Ketika sudah memasuki 2 sesi sebelum di burung di gantang, anda bisa membuka krodongnya. Ambilah pakan dan minum yang ada di dalam sangkar dan buang kotoranya juga. Usahakan juga burung jangan ngekek terus sebelum kontes di mulai supaya ferpormanya tetap stabil.
  • Cara Merawat Burung Lovebird Yang Berusia 6 Bulan
Setiap pagi hari waktu subuh, buka krodong burung dan langsung di embunkan. Gantungkan burung lovebird pada tempat yang tidak ada atapnya, rekomendasi di luar rumah atau teras. Setelah burung lovebird terkena sinar matahari selama 20menitan, kalian langsung mandikan lovebird dengan cara di semprot dari selang kran langsung. Lovebird harus sering di latih mentalnya, ketika di mandikan burung harus di pegang dan di elus menggunakan air langsung dari kran. Burung harus di jemur di tempat ramai supaya mentalnya tidak down.

Untuk pemberian pakan harian kalian boleh memberikan milet putih saja. Untuk EF nya kalian bisa kasih jagung selama seminggu 2 kali untuk burung paruh putih, paruh merah hanya seminggu sekali kangkung juga sama seminggu sekali, bayam seminggu sekali, dan juga apel seminggu sekali. Utuk cara pemberianya kalian boleh selang seling. Nah untuk penjemuran lovebird sebelum jam 9 pagi, dan ketika di jemur tunggu sampai bulunya kering.
  • Cara Merawat Lovebird Yang Ngruji
Untuk pakan berikan saja milet putih selama 2 minggu, berikan juga timun selama seminggu sekali dan jagung juga. Mandikan burung sampai basah kuyup setiap paginya. Nah selama dua minggu burung jangan di jemur tapi hanya kalian angin-anginkan saja. Setiap siang hari burung tidak boleh di krodong dan juga di gantang rendah. Hal  terpennting burung jangan sampai melihat atau mendengar dari jenis burung lainnya. Ketika memasuki sore hari burung harus di semprot pada bagian dadanya tapi jangan terlalu basah lalu angin-anginkan burung selama 5 menit. Terakhir burung di krodong supaya bisa istirahat.

Jika kalian sedang mencari suara masteran burung klik disini Suara Burung

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan untuk anda tentang Cara Merawat Lovebird Buat Lomba, semoga bisa menjadi referensi kalian dalam merawat burung lovebird. Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosila. Terimakasih

Trik Rahasia Sigit WMP Cara Merawat Lovebird Buat Lomba