-->

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Dengan Sangat Mudah

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur - Ketika di alam liar, burung lovebird betina begitu gampang bertelur & mengeram, sampai membuat beberapa anakan, dan itu akan terjadi monoton sepanjang induk masih produktif. Mengapa pada sangkar penangkaran selalu muncul aneka problem, mulai burung yg sulit dijodohkan, induk betina yang tidak kunjung bertelur, sampai induk membuang telurnya? Kali ini. Om Kicau akan membahas satu konflik pada breeding lovebird, yaitu burung betina yang tidak kunjung bertelur.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Dengan Sangat Mudah

Perlu diketahui, burung betina bisa bertelur meski tidak memiliki pasangan (burung jantan). Sebab, manakala burung betina sudah mencapai umur dewasa kelamin, maka organ reproduksinya telah mampu berfungsi secara normal.

Burung betina yang sudah mencapai usia dewasa kelamin secara terencana akan menghasilkan sel telur (ovum), lalu diproses sedemikian rupa dalam saluran reproduksinya, termasuk pembungkusan ovum oleh bahan kerabang / cangkang pada pada oviduct, dan dikeluarkan melalui kloaka dalam bentuk telur.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Kalau burung betina dikawini burung jantan, maka sebelum pembungkusan oleh bahan kerabang, sel sperma menurut burung jantan akan membuahi dulu sel telur / ovum, yang hasilnya terlihat berdasarkan adanya noktah hijau dalam bagian atas kuning telur, yg dianggap discus germinalis (bakal calon embryo).

Tetapi apabila burung betina tidak dikawini burung jantan, telur akan dikeluarkan tanpa mengandung bakal calon embryo, yang tak akan pernah menetas meski dierami induknya atau ditetaskan memakai inkubator. Telur yg tidak mempunyai bakal calon embyo inilah yg dianggap telur infertil / tidak subur.

Beberapa penyebab lovebird tidak segera bertelur

Dalam penangkaran lovebird, sebagian breeder mungkin pernah menjumpai burung betina yang nir kunjung bertelur, meski dia telah mempunyai pasangan. Ini mampu terjadi dalam kondisi burung betina dikawini atau nir dikawini burung jantan.

Baca Juga : Teknik Rahasia Perawatan Lovebird Juara Piala Raja

Kegagalan burung betina pada membentuk telur bisa disebabkan beberapa hal. Yang paling seringkali terjadi diantaranya :

Penangkar nir mempunyai catatan tentang umur induk, khususnya induk betina. Jika nir mengetahui umurnya, sangat dimungkinkan burung betina yang dipakai belum mencapai umur dewasa kelamin, sehingga memang belum sanggup bertelur. Sebagai ancar-ancar, pilihlah lovebird betina non-klep umur lima – 7 bulan, atau lovebird klep umur 8 – 12 bulan, menjadi calon induk.

Karena lovebird termasuk burung monomorfik seksual, atau penampilan burung jantan dan betina mirip, sangat dimungkinkan burung yang seolah-olah berjodoh merupakan sama-sama berkelamin jantan. Jadi, kita tunggu hingga bertahun-tahun pasti tidak akan pernah bertelur.

Burung betina yg digunakan adalah persilangan antara lovebird klep dan non-klep. Keturunan / filial pertama (F1) menurut hasil persilangan ini, atau biasa disebut semi-klep, sebagian akbar bersifat infertil. Pada beberapa perkara, burung betina semi-klep juga gagal menghasilkan telur.
Dengan demikian, ketiga burung pada syarat di atas nir termasuk pada cakupan solusi Om Kicau supaya lovebird cepat bertelur. Sebab dilema pada poin pertama baru teratasi apabila burung betina telah mencapai umur dewasa kelamin.

Adapun problem poin kedua hanya dapat diatasi menggunakan membarui keliru satu burung jantan menggunakan burung betina. Dan, problem dalam poin ketiga baru teratasi dengan membarui burung betina berdasarkan jenis klep, atau dari jenis non-klep.

Di luar ketiga dilema di atas, burung betina dalam kondisi normal akan segera bertelur sehabis dikawini oleh burung jantan. Jika tidak segera bertelur, pasti ada perseteruan yang terkait menggunakan rasa kondusif dan nyaman, kebutuhan cahaya yg kurang, gangguan hormonal, & sebagainya.

Berikut ini beberapa panduan yang sanggup diterapkan agar lovebird betina sanggup segera bertelur. Solusi ini juga bisa diterapkan buat mengatasi duduk perkara burung betina yg tidak kunjung bertelur, meski sudah dikawini burung jantan :

A. Memasang lampu full spektrum dalam sangkar penangkaran


Mengapa wajib  memakai lampu jenis full spektrum? Lampu ini mempunyai spektrum yang mendekati spektrum sinar surya, sehingga sangat bermanfaat nir hanya bagi insan, melainkan jua mahluk hidup lainnya misalnya burung & tanaman .

Baca Juga: Cara Menernak Lovebird Dan Merawat Anak Lovebird

Lampu ini pula memiliki suhu warna 5500 K (Kelvin), sebagai akibatnya menciptakan nyaman secara visual, yg berarti mampu memberi suasana tenang & sejuk pada burung pada kandang.

Tempatkan lampu dalam permukaan kandang penangkaran. Lampu ini pula sanggup dipakai dalam sangkar yg jarang terkena sinar surya.

Apabila diharapkan, timer sanggup dipasang agar burung bisa beristirahat minimal 10 jam dalam kondisi gelap, misalnya pada malam hari. Dalam hal ini, Anda dapat mengatur jadwal pencahayaan, sebagai akibatnya burung bisa berkembangbiak pada siklus normal.  Manfaat lain dari lampu spektrum mampu dilihat pada artikel di sini.

B. Memasang kotak sarang secara tepat

Kotak sarang atau gelodok disesuaikan menggunakan berukuran lovebird. Jangan menggunakan gelodok yang terlalu mini   (contohnya buat parkit) atau gelodok yang terlalu besar  (contohnya buat nuri).

Gelodok yang ideal buat lovebird wajib  memiliki lubang pintu, dengan diameter sinkron menggunakan berukuran tubuh burung. Bagian dalamnya nir terlalu sempit, pula tidak terlalu luas.

Masukkan beberapa serutan kayu bersih ke dalam kotak sarang, menggunakan ketebalan 2,5 centimeter. Lovebird umumnya akan mengatur ulang pembuatan sarangnya menggunakan membuang sebagian serutan kayu yang telah disediakan tersebut.

C. Tempatkan bersama pasangan lain dalam satu ruangan

Untuk merangsang agar cepat bertelur, pasangan lovebird sanggup ditempatkan pada satu ruangan bersama pasangan lainnya yang berbeda sangkar. Suara berdasarkan pasangan lain mampu memancing burung buat lebih cepat kawin dan bertelur.

D. Mengubah dan mengatur pola makan


Mengubah pola makan adalah keliru satu cara yg lazim pada penangkaran lovebird. Perubahan pola makan umumnya diatur dengan menyediakan pakan yang mampu membuat birahi burung terdongkrak. Jenis pakan yang dimaksud diantaranya kangkung (lihat manfaat kangkung buat lovebird), tauge, & biji kuaci.

Sumber kalsium seperti tulang sotong pula diharapkan agar induk betina memiliki persediaan yg relatif buat proses pembungkusan sel telur (ovum) oleh bahan kerabang / cangkang pada pada oviduct. Kalau repot, bisa pula menggunakan BirdMineral yg dioleskan pada butir atau ditaburkan pada sayuran.

E. Menyediakan suplemen spesifik burung penangkaran

Suplemen khusus buat penangkaran, misalnya BirdMature, bersifat optional atau pilihan, tetapi inilah pilihan terbaik yang disarankan dan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah serta di bawah supervisi dokter hewan.

Selain bisa menaikkan ereksi burung jantan dan betina semenjak awal proses penjodohan sampai bertelur, suplemen ini akan mempertinggi persentase telur fertil dan menaikkan daya tetas telur, serta dapat membantu menjaga kesehatan anakan yg baru menetas.

Kapan lovebird jantan mengawini betinanya?

Jika beberapa solusi di atas sudah diterapkan, sekarang saatnya kita menunggu prosesi perkawinan lovebird jantan dan betina. Berikut ini beberapa perilaku lovebird ketika akan memulai proses kawin:

Secara generik, pasangan ini akan menghabiskan waktunya di tenggeran, atau berdampingan sepanjang hari.

Baca Juga: Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina

Burung jantan akan terlihat menyuapi pasangannya dengan cara memuntahkan pakan. Sebelumnya, pakan telah dicerna sekilas dalam tembolok (crop) burung jantan, kemudian dimuntahkan dalam bentuk misalnya susu yg penuh protein. “Susu” seperti itu pula akan diberikan induk betina, kelaj waktu beliau meloloh anaknya.
Burung jantan selalu berusaha merogoh posisi pada belakang burung betina. Jika betina menanggapinya, dengan menurunkan tubuh sambil membuka ke 2 sayapnya, maka terjadilah adegan 17 tahun ke atas.

Beberapa indikasi lovebird mau bertelur

Kalau sudah kawin, tugas kita sekarang merupakan menunggu burung betina bertelur. Berikut ini beberapa indikasi lovebird betina bakal segera bertelur :

Beberapa hari setelah kawin, sediakan potongan kertas koran ke dalam sangkar. Kertas koran ini bisa dijadikan indera bantu buat mendeteksi apakah lovebird betina mau bertelur. Apabila mau bertelur, induk betina akan menyobek kertas, kemudian menyelipkannya di bagian sayap.

Kalau Anda melihat konduite seperti itu, segera siapkan sarang dan bahan sarang di dalamnya.
Waktu yang dibutuhkan indul betina buat bertelur, semenjak dikawini burung jantan, lebih kurang 10 hari. Selama itu pula, Anda wajib  menyiapkan pakan berprotein tinggi & kalsium.

Demikian tips singkat Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur. Semoga mampu menambah pengetahuan, & bermanfaat bagi penangkar pemula dan calon penangkar.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Dengan Sangat Mudah