-->

Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Umur 2 Bulan

Burung lovebird merupakan jenis burung berkicau yang paling banyak disukai oleh para kicau mania, namun ada juga di antara mereka suka merasa kebingungan untuk Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Umur 2 Bulan. Permasalahan seperti ini wajar terjadi dikarenakan burung lovebird mempunyai kesamaan antara jantan dan juga betina dan juga mempunyai 3 kelompok yang berbeda. Namun lovebird jantan dan juga betina sama-sama bisa berbunyi ngekek, tidak seperti jenis burung lainya yang tidak bisa berkicau jika berkelamin betina.

Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Umur 2 Bulan

Dari ke 3 jenis kelompok itu ialah kelompok Intermediate (jenis kelamin Lovebird sangat sulit untuk dibedakan), kelompok Dimorfik (jenis kelamin Lovebird dapat dibedakan dengan sangat mudah), dan kelompok Lovebird Kaca Mata (jenis kelamin Lovebird tidak konsisten sehingga sangat sulit untuk dibedakan) di lansir dari Omkicau.

1. Contoh Kelompok Lovebird Kaca Mata

Lovebird Topeng (Agapornis personata)
Lovebird Fischer (Agapornis ficheri)
Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae)
Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis)

2. Contoh Kelompok Dimorfik

Lovebird Madagaskar (Agapornis cana)
Lovebird Muka Merah (Agapornis pullaria)
Lovebird Abisinia (Agapornis taranta)

3. Contoh Kelompok Intermediate

Lovebird Black Collared (Agapornis swinderniana)

Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Umur 2 Bulan

Itulah beberapa tipe lovebird yang sangat sulit dan gampang untuk di bedakan dari jenis kelaminya. Di ulasan kali ini Budidaya Lovebird selaku mas admin akan memberikan tips cara membedakan lovebird jantan dan betina dewasa yang sangat akurat dengan beberapa tips berikut ini silahkan simak.

Bentuk Paruh Burung Lovebird

Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Umur 2 Bulan

Dari bentuk paruh ini sebenarnya kita bisa membedakannya yaitu, jika burung lovebird berkelamin betina bentuknya cenderung besar, runcing dan juga sangat lebar. Jika lovebird berkelamin jantan maka perbedaanya memiliki paruh kecil yang lebih mancung dan juga runcing. Dari bentuk paruh burung lovebird ini kita dapat membedakannya mana jantan maupun betina.

Postur Tubuh Burung Lovebird


Dari bentuk fisik ini lovebird betina memiliki bentuk tubuh pada bagian kepalanya lebih cembung atau melengkung. Sedangkan untuk jantan memiliki bentuk kepala yang rata. Intinya lovebird jantan mempunyai bentuk tubuh sangat ramping ketimbang lovebird betina.

Bentuk Sayap Burung Lovebird


Sebenarnya untuk membedakan mana jantan atau betina dari bentuk sayap ini sebetulnya sangat mudah, yaitu jika burung lovebird jantan memiliki ujung sayap yang menyilang,sedangkan untuk lovebird betina memiliki bentuk sayap yang tidak menyilang atau tidak saling bertemu.

Baca Juga: Nama Lovebird Berdasarkan Warna

Bentuk Ekor Lovebird

Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Umur 2 Bulan

Bentuk ekor burung betina lebih rata dan juga lebar, sedangkan untuk lovebird jantan  bentuknya runcing atau lebih berbentuk kerucut.

Cara Bertengger Burung Lovebird


Dari cara bertengger burung lovebird betina kakinya agak melebar, Sedangkan untuk lovebird jantan cara bertengger dengan kakinya agak rapat. Dikarenakan tulang pelipis burung lovebird betina sangat lebar dan berjauhan, dan untuk burung lovebird jantan tulang pelipisnya runcing atau rapat.

Baca Juga: Cara Merawat Lovebird Buat Lomba

Cincin Emas Atau Jarum


Ternyata cincin emas dapat kita gunakan untuk membedakan lovebird jantan dan juga betina, yaitu caranya kalian siapkan cincin emas dan juga tali untuk panjangnya kisaran 20 Cm, kalian ikatkan saja tali pada cincin emas. Lalu pegang burung lovebird dengan tangan kiri anda usahakan pada bagian kepala tidak terkena gengaman tangan kalian. Gantungkan cincin emas di atas kepala burung lovebird dengan jarak 5Cm. Gerakan searah cincin emas itu lalu perhatikan, jika cincin bergerak secara searah atau maju mundur berarti burung berkelamin jantan. Jika cincin bergerak secara melingkar atau memutar berarti burung berkelamin betina.

Tulang pubis atau supit urang Lovebird

Untuk membedakan mana jantan maupun betina kita bisa membedakannya dari tulang pubis. Jika lovebird jantan maka anatar dua tulang pubis jika di raba akan terasa menyempit. Sedangkan untuk lovebird betina tulang pubisnya akan lebih elastis dan memiliki jarak antara dua tulangnya pubisnya lebih lebar dari jantan. Tidak hanya itu saja, pada saat diraba pada tulang supit dewasa maka tulang supit burung lovebird betina akan terasa lebih empuk jika kita raba dengan cara di tekan pada kedua tulang supit itu. Dan untuk burung lovebird jantan, jika kita tekan maka keduanya akan terasa tumpul dan keras.

Tingkah Burung Lovebird Pada Saat Birahi


Burung lovebird jantan biasanya akan berdiri di samping lovebird betina sambil mengangutkan kepalanya, lalu lovebird jantan akan mengeluarkan bunyi ngekek pendek seperti kek kek. Namun terkadang burung lovebird jantan juga suka melompati lovebird betinanya dengan secara mondar mandir untuk merayu pasanganya dan mengesekan paruhnya ke tangkringannya. Sedangkan untuk burung lovebird betina akan menurunkan posisi tubuhnya dan mengepaskan sayapnya. Sebutan untuk urang jaw adalah ngepler. Terkadang burung lovebird betina juga suka menggigit benda-benda yang ada di sisinya.

Cara Burung Lovebird Membangun Sarang


Ketika sedang membangun sarang, burung lovebird betina dan jantan yang paling semangat membangun sarang adalah lovebird betina dengan mengambilkan jerami atau kulit ranting untuk mengumpulkan dan membangun sarang. Sedangkan lovebird jantan hanya bisa membantu untuk mengambilkan saja benda kepada si betina.

Dengan Cara Tes DNA

Cara ini mungkin sangat sulit untuk kita lakukan, sebab kita membutuh sebuah keahlian dalam bidang kedokteran hewan. Namun kalian juga bisa menyuruh seorang ahli dokter hewan untuk cek DNA burung. Untuk DNA burung lovebird bisa kita bedakan dengan cara mengambil sample darah dan juga bulu. Tingkat keakuran dari tes DNA tersebut bisa di bilang 99% akurat yang bisa di jadikan kesimpulan mana jantan dan juga betina.

Baca Juga: Cara Memilih Lovebird Untuk Lomba Jantan Atau Betina

Lubang Hidung Burung Lovebird

Lubang hidung pada burung lovebird ini kita bisa gunakan sebagai acuan untuk membedakan mana batina dan juga pejantan. Caranya yaitu, pegang burung lovebird kalian lalu tiup pada bagian hidung burung lovebird. Jika hidung lovebird berbentuk oval atau lonjong, maka kita bisa simpulkan itu adalah lovebird jantan. Jika hidung lovebird berbentuk bulat, maka itu jenis burung lovebird betina.

Lingkaran Klep Putih Pada Alis


Burung lovebird betina atau jantan bisa kita bedakan melalui lingkar klep putih pada halisnya atau kacamata. Walau trik ini lumayan sulit tapi kita bisa mengetahuinya mana jantan atau betina. Untuk burung lovebird betina bentuk klepnya lebih bulat, tapi untuk burung lovebird jantan  bentuk klep kacamatanya lebih lonjong dan berbentuk oval.

Bentuk Anus Dan Kloaka Pada Burung Lovebird

Untuk burung lovebird jantan memiliki anus atau di sebut juga kloaka yang sangat kecil dan menonol.Jika burung lovebird betina mempunyai kloaka yang lebih lebar dan rata.

Sekian ulasan yang bisa saya sampaikan untuk kalian tentang Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Umur 2 Bulan, semoga bisa membentu. Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial. Terimakasih

Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Umur 2 Bulan