-->

Ciri Ciri Murai Batu Medan Asli

Ciri Ciri Murai Batu Medan Asli - Burung murai merupakan jenis burung berkicau dan banyak sekali komunitasnya. Selain dari itu murai juga banyak di cari sebagai burung fighter atau sebagai burung hiasan semata. Dari segi fisik burung murai memiliki sebuah eksotis yang sangat indah seperti memiliki ekor yang sangat panjang dan juga suaranya yang sangat merdu. Tidak heran, banyak para kicau mania yang ingin memiliki jenis burung ini, namun dari segi harga pun tidak lah murah.

Ciri Ciri Murai Batu Medan Asli

Burung murai batu atau sebuah julukannya yaitu si ekor panjang yang berasal dari medan, namun bukan hanya daerah itu saja yang mendatangkan burung ini. Daerah lainpun sering ada seperti aceh, padang, sidempuan dan lain-lain. Bahkan burung murai batu juga ada yang dari negara tetangga seperti malaysia.

Ciri Ciri Murai Batu Medan Asli

Cara Membedakan Murai Batu Medan

Jenis burung murai batu medan ini sering kali di samakan dengan murai ekor panjang. Tidak banyak para penjual burung yang melakukan sebuah kecurangan dengan menyambung burung murai ekor pendek. Hal seperti ini dilakukannya supaya si pedagang mendapatkan untung yang sangat besar dari menjual burung murai batu pendek.

Banyak sekali sebuah kecurangan yang di lakukan oleh pedagang atau penjual. Sebuah kecurangan lainnya yaitu menjual burung murai batu lampung tapi dia mengklaim sebagai burung murai batu medan. Bahkan dari hasil perkawinan silang pun di mengakui sebagai muri ekor panjang karena dari penampilannya sangat mirip sekali.

Baca Juga: Cara Ternak Murai Batu Untuk Pemula

Nah untuk itu anda harus jeli sekali dalam memilih burung murai batu medan asli, supaya kalian tidak di bodohi. Perbedaan murai batu medan ini memiliki ciri khas yang hampir mirip sekali dengan murai lainnya. Untuk itu mengetahui tentang perbedaan burung murai adalah sebuah keharusan bagi kalian yang ingin memiliki jenis burung ini.

Cara Membedakan Murai Batu Medan

Untuk ciri-ciri burung murai batu medan ini memiliki ciri yang sangat khas sekali. Tapi jika kalian belum mengetahuinya, yang ada kalian akan di buat kerepotan untuk memilihnya. Nah kali ini mas admin akan memberikan sedikit tips cara membedakan murai batu medan asli dengan murai jenis lainnya. Maka dari itu simak ulasanya berikut ini.

  • Dari segi fisik murai batu medan memiliki postur tubuh yang relatif panjang di banding dengan jenis murai lainnya. Tapi bentuk tubuh sangat ideal karena serasi dengan bentuk ekornya.
  • Dari bentuk kepala murai batu medan sangat rapih, ketika si burung sedang berdiri tegak si bentuk kepala akan terlihat lebih gagah.
  • Memiliki ekor yang panjang dengan panjangnya kisaran 15cm sampai 28 cm, dan terlihat melengkung.
  • Ciri yang sangat khas yaitu dari ekor yang mempunyai empat pasang warna bulu putih yang berada di kiri sama di kanan. Dan juga terdapat lis hitam yang membelah di tengah ekor warna putih.
  • Memiliki warna hitam yang sangat terang pada murai batu medan, namun ketika di jemur akan mengeluarkan warna biru.
  • Memiliki warna kaki kemerahan pada murai batu medan
  • Memiliki suara yang sangat bervariasi, ketika berkicau akan sangat keras.
Itulah Ciri Ciri Murai Batu Medan Asli, semoga bagi anda yang baru ingin memiliki burung murai di anjurkan berhai-hati. Semoga dengan ulasan ini bisa menambah wawasan dalam dunia kicau mania. Jangan lupa share artikel ini ke media sosial. Terimakasih

Ciri Ciri Murai Batu Medan Asli