-->

Trik Rahasia Perawatan Kacer Untuk Lomba Dan Harian Supaya Tidak Mbagong

Rahasia Perawatan Kacer Juara - Untuk perawatan jenis burung bekicau yang dibutuhkan yaitu sebuah kesabaran dan juga menikmatinya dalam merawat burung berkicau tersebut. Untuk mendapat sebuah kesuksesan atau kepuasan sebuah hasil yang maxsimal dalam perawatan burung kacer yaitu konsisten, disini saya akan membagikan cara rahasia perawatan burung kacer. Sebelum langsung ke tema bahasan kalian akan merawat jenis burung apa? yang akan anda peliharara dikarenakan setiap jenis burung untuk cara perawatannya itu berbeda-beda, tapi intinya sama yaitu diharuskan kalian tetap pegang konsisten. Jika kalian sewaktu merawat burung yang harus kalian terapkan adalah konsisten dalam perawatan yang sangat rutin untuk burung kalian, jadi intinya jangan setengah-setengah dalam perawatan burung berkicau.

Trik Rahasia Perawatan Kacer Untuk Lomba Dan Harian Supaya Tidak Mbagong

Trik Rahasia Perawatan Kacer Secara Rutin

Jenis perawatan yang rutin untuk burung kacer yaitu caranya sama dengan jenis burung kicau lainnya, kunci untuk sebuah keberhasilannnya yaitu konsisten dan juga rutin. Disini saya akan memberikan trik rahasia cara merawat burung kacer yang bisa dijadikan referensi untuk kalian bagi para kicau mania silahkan simak.

Rahasia Perawatan Burung Kacer Harian

  1. Setiap pukul 7 pagi burung harus sudah dikeluarkan dari rumah untuk diangin-anginkan dan setengah jam kemudian burung harus dimandikan melalui cara disemprot atau pakai keramba mandi tergantung kebiasaan kalian sebelumnya.
  2. Bersihkan sangkar burung dari kotorannya ganti juga makanannya dan juga air minumnnya.
  3. Ketika burung dijemurkan setelah mandi durasinya hanya satu jam saja dan jangan sampai melihat jenis burung lain ketika dijemur.
  4. Sehabis dijemur burung kacer tersebut harus diangin-anginkan selama 20 menit.
  5. Ketika jam 10 sampai jam 2 sore burung harus diberikan suara masteran dari jenis burung laiinya, bisa dibilang sebuah terapi supaya burung terbiasa.
  6. Ketika pukul 3 sore burung diangin-anginka kembali dan semprot hanya sekali saja.
  7. Beriakn pakan jangkik sebanyak 3 ekor dan juga extra fooding.
  8. Pada jam 6 sore burung harus sudah dikerodong supaya burung bisa istirahat.
Hal yang paling penting dalam perawatan burung kacer

Berikan pakan yang mengandng nutrisi tinggi yaitu berupa telur semut atau yang sering disebut dengan kroto, sebanyak satu sendok makan maksimal 4 kali selama satu minggu. Jenis pakan cacing tanah pun harus diberikan sebanyak 2 ekor saja. Burung harus dumbar dalam kandang umbar selama emapt jam perharinya. Berkan juga sebuah vitamin campurkan saja pada tempat minumnya.

Cara Menangani Burung Kacer Yang Over Birahi

  1. Kurangi pemberian pakan jangkik.
  2. Burung diharuskan diangin-angin ketika jam 5 sampai jam 6 pagi.
  3. Kurangi juga pakan cacingnya kalau bisa 2 kali dalam seminggu.
  4. Burung harus lebih sering dimandikan seperti pagi dan juga sore hari.
  5. Sewaktu penjemuran durasinya harus dikurangi intinya jangan terlalu lama.
  6. Burung harus sering diumbar.

Cara Menangani burung Kacer Yang Kondisinya Drop Atau Sakit

  1. Pemberian pakan jangkrik harus ditambah menjadi 5 sampai enam ekor pada pagi dan sore hari jadi dalam sehari 10 ekor jangkrik.
  2. Pemberian pakan kroto juga harus ditambahkan jumlah porsinya.
  3. Untuk pemberian pakan berupa hewan kelabang berikan saja 1 selama seminggu.
  4. Burung harus dikerdong jangan sampai mendengar atau meihat enis burung lainnya.
  5. Burung jangan sering dimandikan.
  6. Ketika dijemur durasinya ditambahkan juga maksimal  3 jam.
  7. Berikan berupa obat vitamin supaya burung menjadi lebih sehat.

Rahasia Perawatan Kacer Mbagong

  1. Burung harus lebih sering dimandikan.
  2. Lakukan mandi pada malam hari maksimalnya seminggu sekali pada malam jumat.
  3. Berikan pasir yang bersih dikandang tepat mandinya supaya burung kacer mandi dengan pasir.
  4. Untuk pemberian pakan extra fooding harus dikurangi dari sebelumnya.
  5. Berikan juga ulat bambu sebanyak 3 ekor saja.

Rahasia Perawatan Kacer Lomba

Untuk perawatan burung kacer lomba biasanya tidak berbeda dari biasanya, untuk tujuan dalam perawaan lomba untukmempersiapkan burung supaya lebih joss dari biasanya dan juga satmina yang power full. Untuk mendapatkan kunci kesuksesan dalam lomba kalian harus mengenal karakter dari burung kacer tersebut yaitu seperti :
  1. Sebelum menjelang H3 pakan berupa jangkrik harus ditambahkan porsinya menjadi 10 ekor lima pagi sisanya sore.
  2. Sebelum menjelang H2 durasi penjemuran burung kacer harus dikurangi maksimal 30 menit saja.
  3. Sebelum burung masuk lomba atau digantung dipelombaan burung harus dimandikan dan juga diberi pakan jangkrik, ulat hongkong dan juga kroto.
  4. Ketika burung telah selesai lomba berikan lagi pakan jangkrik sebanyak 3 ekor saja.
  5. Sebelum memasuki H6 burung jangan sampai mendengar suara dari jenis burung lainnya
  6. Lakukan pemandian malam jumat untuk burung kacer lomba.

Rahasia Perawatan Burung Kacer Jawara

Untuk merawat burung kacer setelah lomba yaitu untuk memulihkan stamina yang telah terkuras ketika burung ikut kontes. Berikut cara rahasia perawatan burung kacer jawara setelah lomba.
  1. Untuk pemberian pakan extra fooding diberikan secara normal harian.
  2. Beriakan juga obat vitamin setelah ikut lomba pada hari kemudiannya.
  3. Untuk penjemuran durasinya menjadi satu jam.

Rahasia Perawatan Kacer Mabung

Burung kacer ketika mabung atau rontok bulu adalah siklus alami untuk semua jenis burung. Untuk perawatan pada masa ini adalah menjadi hal yang terpenting. Jika terjadi keteledoran dalam perawatanya maka akan menjadi kualitas burung menjadi down tidak seperti biasanya. Ketika memasuki pada masa mabung kinerja tubuh meningkat menjadi 50% dari situasi normal. Dan harus diberikan nutrisi dan pakan yang bagus dan lebih banyak.


Ketika burung dalam kondisi mabung jauhkan burung dengan jenis lainnya dan jangan sampai mendengar suara burung dari jenis lainnya dan sejenis karena akan menggangu proses rontoknya bulu, dan akan menimbulkan dampak tidak seimbangnya hormon pada tubuh burung. Posisikan burung pada tempat yang lebih sepi dan burung harus sering di krodong. Cukup mandikan burung sebanyak satu kali dalam seminggu. Berkan pakan berupa extra fooding yang lebih banyak dari biasanya yang terpenting pakannya berkualitas, untuk membantu pembetukan sel- sel baru dalam tumbuhnya bulu-bulu yang baru.


Jangan lupa berikan uga pakan yang penuh dengan nutrisi seperti kroto, jangkrik dan juga ulat hongkong dan juga porsi pemberiannya ditambahkan dari perawattan yang harian. Beriakanlah obat vitamin dan campurkan pada air minumnya. Pada masa mabung ini berikan suara masteran dari burung lain biasanya para senior kicau mania menggunakn momen mabung ini untuk mengisi suara burung lain pada burung ketika mabung atau rontok, dikarenakan burung mudah merekam suara dari burung lainnya.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan mengenai Trik Rahasia Perawatan Kacer Untuk Lomba Dan Harian Supaya Tidak Mbagong. Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan share ke media sosial atu kalian juga boleh memberikan saran atu ide mengenai dunia kicau, dan semoga bisa menjadi gambaran atau referensi bagi kalian pecinta kicau burung. Terimakasih.

Trik Rahasia Perawatan Kacer Untuk Lomba Dan Harian Supaya Tidak Mbagong