-->

Trik Jitu Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina Yang Akurat Dari Suaranya

Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina itu memang tidalah gampang, dari segi kesulitan ini dikarenakan burung kacamata atau disebut juga pleci yang mempunyai kemiripan bentuk warna dan fisik tubuh pada jantan maupun betina atau dalam istilah monomorfik. Meski sangat sulit untuk dibedakan jenis kelamin pada burung pleci melalui ciri fisiknya, tapi masih ada beberapa tips untuk bisa dijadikan patokan untuk cara membedakannya. Trik yang paling gampang adalah cara mengamati dari suara kicauannya, jika dalam waktu yang cepat burung sudah membuka mulutnya dengan berkicauan ngriwik, dan bisa dibilang itu berjenis kelamin jantan. Tapi burung pleci ini tak pernah ngriwik, itu bisa dipastikan bahwa pleci tersebut merupakan jenis kelamin betina.

Trik Jitu Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina Yang Akurat Dari Suaranya

Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina

Ciri kelamin jantan maupun betina ini jenis burung dalam golongan zosterops atau disebut pleci, salah satu di kelompoknya bersifat relatif atau sama karena perlu dibedakan dari jenis burung dan juga burung kacamata lainnya, tapi juga ada ciri yang sangat jelas yang mampu dimiliki burung kacamata jantan dan pleci betina. Adapun cara yang bisa kalian pakai dalam membedakan burung pleci jantan dan betina berdasarkan postur tubuhnya.

Sejarah Dari Burung Kacamata Atau Pleci

Jenis burung kacamata ini atau disebut Zosteropidate jenis berkicau yang sangat kecil daan berasal dari daerah tropikal termasuk benua australia. Ciri- ciri dari jenis burung ini mempunyai lingkaran putih di sekitar matanya atau white eye. Dari jenisnya yang bersifat endemik atau berpindah-pindah dari pulau ke pulau lainnya. Seperti jenisnya yang baru ditemukan di kepulauan togian sulawesi tengah pada tahun 2017.

Dari jenis burung ini sangat biasa dan tidak mencolok, terkecuali dilingkaran matanya yang mempunyai ciri putih. Sayapnya yang melingkar dan mempunyai kaki yang sangat kuat. Ukuran tubuhya sangat kecil memiliki diameter 15cm. Warna pada bulunya kuning dan mempunyai warna perut putih. Dari jenis ini burung yang suka berkelompok dan terbang secara kawanan. Dalam musim kawin burung ini akan membuat sarang di ranting pohon dan telurnya yang berwarna biru pucat hanya 2-4 butir telur saja. Makanan utamanya yaitu serangga biji-bijian dan buah-buahan kecil. Di negara Australia burung pleci ini disebut burung hama karena suka memakan anggur pada ladang perkebunan warga. Oke kita kembali kepada pembahan cara membedakan burung pleci jantan dan betina silahkan kalian simak dibawah.

Trik Jitu Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina Yang Akurat Dari Suaranya

Trik ini sangat ampuh setelah saya melakukan insvestigasi langsung kepada para penangkar burung pleci dan juga para penjual burung dipasaran. Tips yang pertama cara membedakan dari bentuk tenggorokan, sudah sangat lumrah pleci jantan mempunyai warna yang hitam pada tenggorokannya. Dan untuk burung pleci betina warna tenggorokannya tidaklah hitam tapi merah muda. Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina tidak hanya di ukur dari melihat warna tenggorokannya saja. Ada tips lain yang bisa kalian gunakan untuk cara membedakan pleci jantan dan betina yang akurat silahkan kalian simak di bawah.

Ciri-Ciri Pleci Jantan

  • Mempunyai warna pada bulu-bulu sangat cerah dan pekat
  • Postur tubuhnya sangat panjang dibanding dengan jenis kelamin betina
  • Bentuk kepala sangat besar dan bulat
  • Alis mata bagia bawah sangat tebal dan putus-putus
  • Bentuk paruhnya relatif pendek
  • Dubur sangat panjang dan banyak bulunya dan bentuknya vertikal
  • Bentuk ekor sangat panjang dan dibagian ujungnya bentuk V

Ciri-Ciri Pleci Betina

  • Warna pada bulunya sangat kusam
  • Bentuk tubuh sangat pendek dan juga bulat
  • Ukuran kepalanya sangat kecil tidak seperti pleci jantan
  • Klep pada mata sangat tebal dan juga tidak putu-putus
  • Bentuh paruh sangatlah panjang
  • Bentuk dubur sangat kecil dan bulu-bulunya sangat sedikit disekitar dubur
  • Bentuk ekor sangat rata dan juga sangat pendek tidak seperti pleci yang jenis kelamin jantan
Selain itu cara melihat ciri dan juga postur burung, pengamatan juag bisa dilakukan dengan cara lain yaitu membandingkan tingkah laku sewaktu pleci didalam kandang dan dimandikan. Inilah cara membedakan jenis kelamin burung kacamata/pleci dengan tipe Dakun bali, Dakun macok, Auriventer, Maput dan juga Montanus antara betina dan juga jantan dengan mengamati tingah laku di dalam kandang.

Prilaku Burung Pleci Jantan

  • Pleci berjenis kelamin jantan bergeraknya agresif dan juga lincah dari pada yang betina
  • Sewaktu pleci dimandikan pada pupil matanya akan menciut kecil dan pada bulu atas kepalanya akan mancung seperti jambul

Prilaku Burung Pleci Betina

  • Yang betina ini sangatlah pendiam dibanding dengan yang jantan
  • Bulu pada kepalanya akan lepek ketika dimandikan dan tidak mancung seprti pleci jantan
Itulah tips Trik Jitu Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina Yang Akurat Dari Suaranya, sekarang kalian sudah bisa membedakannya mana betina dan juga jantan, tapi mungkin semua ini belum sepenuhnya akurat karena setiap orang berbeda pendapat tentang cara untuk membedakannya. Sekian tutorial kali ini, jika kalan suka dengan tips ini silahkan kalian share ke media sosial atau kalian juga boleh memberikan ide atau saran seputaran dunia burung silahkan kalian tulis di kolom komentar. Kami mohon maaf jika aa kekurangan atau kesalahn dalam penulisan artikel ini. Terimakasih

Trik Jitu Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina Yang Akurat Dari Suaranya