-->

Panduan Lengkap Cara Ternak Kacer Poci Untuk Pemula

Beternak burung kacer memang harus memiki kesabaran tinggi, terutama untuk pemula. Kebanyakan untuk pemula yang menernakan kacer banyak kegagalan, dan langsung berhenti ditengah jalan. Ada juga yang gagal sebelum melakukan, dikarenakan indukan jantan dan betina tidak mau dikawinkan atau seperti hal-hal lainnya. Disini saya akan memberikan Panduan Lengkap Cara Ternak Kacer Poci Untuk Pemula khususnya untuk pemula dan cara menghindari berbagai kendala dalam melakukan penangkaran.

Panduan Lengkap Cara Ternak Kacer Poci Untuk Pemula

Cara Ternak Kacer Poci

Yang sudah diketahui, pembudidayaan burung kacer mempunyai prospek terang dengan banyaknya permintaan pasar yang terus melonjak. Bahkan ada informasi juga dari salah satu majalah Agrobur memperkirakan penjualan burung kacer akan menyaingi jenis burung murai batu, dikarenakan dari segi penjualan sangat terjangkau. Pemilihan bahan indukan burung kacer memerlukan pengamatan yang tepat, karena jenis burung ini sangat sulit untuk dikawinkan, lebih parahnya jika burung didapat secara terpisah. Jika kalian ingin beternak kacer tips lebih baik pemilihan burung yang sudah berpasangan atau berjodoh.

Karena menurut pengalam seorang peternak, sewaktu masa penjodohan membutuhkan ksabaran extra, dan memerlukan berbagai cara usaha uji coba sampai kedua burung bisa saling bejodoh. Pemilihan indukan kecer harus melihat dari segi usia dan karakter burung. Jenis indukan betina usia yang tepat untuk dikawinkan umurnya satu tahun, dan untuk jantan kisaran umur dua tahun. Sangat danjurkan untuk burung beetina sudah jinak dan mempunyai mental yang sangat bagus.

Panduan Lengkap Cara Ternak Kacer Poci Untuk Pemula

Agar kaian tidak bingung untuk pemilihan burung yang berjenis kelamin betina yang sudh jnak, kalian tidak pperlu membelinya dari pasaran tau juga dari toko burung. Silahkan kalian cari info tentang pembudidayaan burung kacer di lokasi kalian. Burung dari hasil pembudidayaan akan sangat jinak seperti tingkah lalat.

Yang dimaksud dari jinak lalat yaitu, burung tidak akan kaget jika kita mendekati sangkar, tapi ia akan terbang ketika tangan kalian mendekati burungnya. Tapi untuk burung yang telah jinak dia kan bertengger di tangan kita khususnya untuk sang pemilik burung. Untuk indukan yang jantan yang diambil dari tempat pembudidayaan sangat dianjurkan untuk sang pemula, dibandingkan dari hasil membeli burung jantan dipasaran dari hasiltangkapan hutan itu sangat sulit dan akan memakan waktu untuk penjodohan. Yang paling utama kondisi burung sehat dan tidak mempunyai cacat. Cara melihat burung sehat atau tidak bisa dilihat dari sorot mata, burung yang sangat sehat mempunyai sorot mata yang sangat tajam.

Jika kalian mempunya budget atau modal bisa lebih joss kalian bisa membelinya dari burung trah juara, khususnya dari jenis indukan betina. Dari pengalaman seorang peternak master, indukan betina memiliki andil 70% sampai 80% , terhadap kualitas dari calon anakan yang berjenis jantan. Akan lebih joss lagi jika kalian membeli calon indukan jantan dan betina dari bururng yang sudah juara.

Jika modalkalian kurang atau tidak cukup, belilah indukan yang dari hasil tempat peternakan. Ynag terpenting kalian bisa memperoleh pengalaman dari usaha peternakan burung kacer. Kalau kalian merawatnya dengan sangat baik, anakan burung kacer akan banyak yang menginginkan atau mencari. Karena apa?

Karena tidak banyak orang yang memeliharanya menginginkan burung kacernya ikut dilombakan, tapi ada juga yang sebagai burung peliharaan saja. Selebihnya, penampilan suara burung kacer tidak semuanya tergantung kualitas keturunan. Tapi deri segi faktor cara perawatan burung yang mempunyi kendali kisaran 60 sampai 70% dari kualitas suaranya.

Jika nanti perputan uang sodah normal dari hasil penagkaran, mulailah kalian untuk memikirkan calon induk dari jenis burung juara, Karena semua itu harus dimulai dari nol secara perlahan hingga kita bisa mendapatkan ilmu dari perjalanan kita. Tidak banyak para peternak hanya mengandalkan sangkar biasa dan ujungnya berhenti di tengah-tengah, dikarenakan ingin cepat mendapatkan hasil yang maksimal dan secara cepat,ketika menemui kasalahan kecil tidak mampu mengatasinya.

Jenis Kandang Ternak Burung Kacer

Biasanya penagkaran burung kacer menggunakan sangkar ternak dengan ukuran panjang 120- 220cm dan lebarnya 100-150cm dan untuk tinggi 170-200cm atau sama yang digunakan untuk menernakan burung murai batu. Untuk dinding ruangan ternak memakai bata dan tidak di plester, dikarenakan untuk menormalkan suhu diruangan ternak. Dan dinding depan diharuska terbuka dikarenakan dibut dari ram kawat. Saipkan dua pintu untuk masuk untuk mengontrol dan juga untuk pintu burung masuk keluar.

Panduan Lengkap Cara Ternak Kacer Poci Untuk Pemula

Didalam sangkar ternak kalian harus menyediakan dua wadah besar, wadah satu untuk tempat air untuk mandi burung dan satunya untuk wadah batu kecil dan juga pasir,biasanya ketika burung kacer sudah mau bertelur meka suka membawa batu-batuan kecil ke sangkarnya. Jika kalian ingin mulai peternakan burung secara koloni atau banyak dan juga tempat yang cukup besar, kalian bisa membuatkan sangkar ternak dengan tempatnya yang berjajar.Setiap sangkar mempunyai diameter seperti yang saya tuliskan di atas.


Jotak untuk sangkar burung bisa kalian membuatkan dari kayu atau juga triplek dan ukurannya 20x20cm. Selain kalian bisa menggunakan kayu atau triplek kalian juga bisa menggunakan batang pohon yang sudah dilubangi, dengan ukuran 10-12cm dan untuk kedalamannya 15cm.

Panduan Lengkap Cara Ternak Kacer Poci Untuk Pemula

Kotak kandang sangkar burung ditempatkan di sudut atas tepat didinding belakang. Selain tempat yang aman, dan burung indukan tidak akan terganggu sewaktu kita memberi air atau pakan burung. Jenis bahan sarang kalian bisa menggunakan dari dedaunan atau rumput yang telah kering, contohnya daun pete cina atau lantoro, daun cemara, daun sengon, serabut kelapa, dan juga ijuk aren. Dari bahan itu kalian harus menarunya di sarang burung, dan selebihnya sebarkan di bawah sangkarnya.

Supaya burung mempunyai banyak pilihan untuk tempat sarangnya sebaiknya klaian menyiapkan dua sarang dengan penempatan sarang yang berbeda. Pemilihan tempat itu sangat penting bagi burung, dikarenakan cara memilih kenyamanan bagi burung. Sesudah bururng induk memilih tempat untuk bersarangnya, dan kotak yang nganggur bisa ambil.

Cara Penjodohan Burung Kacer

Cara penjodoan burung kacer bisa menggunakan kandang yang sangat besar, kalau bisa menggunakan cara perkenalan dulu selama 1 minggu. Jika memakai kandang yang besar, untuk mengenalkan induk kacer yaitu masukan induk betina terlebih dahulu kedalam kandang. Burung jantan juga dimasukan kedalam kandang, tetapi kandang untuk jantan juga berada didalam sangkar ternak. Dengan itu keduanya bisa saling mengenal.

Tips kedua yaitu masukan burung yang jantan dan juga betina kedalam sangkar yang berbeda, tapi kedua kandang ditempatkan menempel atau berdekatan. Dan biarkan kedua burung indukan saling berdekatan dan juga saling mengenal elama waktu dua minggu dan kalian bisa melihat untuk perkembangannya.

Selama waktu masa perkenalannya itu, kalian bisa menggunakan cara yang pertama atau juga yang kedua indukan jantan dan juga betina bisa diberi pakan Bigmature supaya lebih cepat bergairah antara kedua burung kacer. Jika sudah waktunya berjodoh maka bisa menaikan fasilitas telur dan juga kulitas anakan yang sangat bagus.

Jangka waktu perkenlan bisa memakan waktu lamanya 14 hari dan bisa juga mencapai 1 bulan lamanya, karena itu sangat berpengaruh dari karakter burung jantan dan juga betina dan juga situasi sangkar disekitarnya. Lokasi yang ramai bia menggangu proses penangkaran.

Waktu perkenalan bisa diakhiri dengan ciri-ciri
  • Burung yang jantan akan bersuara atau berkicau sangat kencang dan juga rajin sekali berkicau dan burung jenis betina akan membalas kicauan burung jantan.
  • Jenis burung betina akan memanggil burung yang jantan, dan akan dibalas suaranya dengan burung jantan. Dan burung betina akan semakin geliash.
  • Masa penjodohan akan berhasil ketika di gabungkan dalam kandang dan meeka tidak akan berkelahi.
Sewaktu burung memunculkan sifat saling menyukai, tetapi sudah dimasukan didalam kandang mereka saling kejar-kejaran,. Hal seperti itu sering dialami burung jenis betina yang usianya terlalu dini atau muda yang belum siapuntuk dikawinkan. Karena itu disarankan memilih burung betina yag sudah berusia satu tahun.

Ketika burung betina sudah mencapai umur satu tahun, dan tidak juga ingin dikawinkan itu berarti burung kekurangan hormon progesteron dan estrogen, bisa menimbulkan birahi yang lemah.jika kalian mempunyai masalah pada burung yang seperti itu bisa kalian memberikan estrobird. Obat jenis in dikhususkan untuk jenis betina,ketika dikasih obat itu burung yang jantan harus dipisahkan kandangnya dari betina supaya tidak ikut diminumnya.

Fakta yang sering dialami para peternak

Banyak peternak yang pemula, mengalami kesulitan ketika proses penjodohan burung, kadang kala indukannya mati umumnya terjadi pada betina, karena diserang terus oleh indukan jantan yang sedang birahi tinggi. Jadi intinya harus ada pemantau burung ketika burung belum bertelur supaya tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Jika kalian mempunyai modal besar siapkan saja kamera CCTV untuk memantau situasi burung dalam kandang.

Solusi untuk yang sering dialami ketika penjodohan

  • Burung jenis betina yang sering mengejar-ngejar jantan, banyakin saja extra fooding khusunya ntuk jenis burung jantan. dan juga untuk jantan extra foodingnya dikurangin.
  • Burung jenis jantan yang sering mengejar betina, kurangin extra fooding untuk jantan dan untuk betina ditambahkan.
  • Betina selalu beradu dengan jantan, porsi extra fooding jantan dikurangi dan untuk yang jantan tetap.
Menggunakan exra fooding tidak untuk jadikan masalah ketika kacer mendapat masukan gizi dari birdmature, dikarenakan kebutuhan mineral dan gizinya tetaplah terjaga.

Awal keberhasilan dari ternak kacer poci

Sesudah indukan jantan dan betina melakukan perkawinan, biasanya indukan jantan membantu untuk membuatkan sarang. Jenis jantan akan memanggil indukan betina dari dalam sangkar untuk cepat menata sarangnya. Indukan betina akan bertelur banyaknya 3 sampai 4 butir, yang akan dierami selama dua minggu. Hanya jenis jantan yang bisa melakukan pengeraman telur, dan jenis jantan akan berjaga di sampng sangkarnya.

Anakan yang baru menetas, apalagi bisa sampai besar itu merupakan awal dari keberhasilan penangkaran burung kacer, karena masalah yang serius dalam penangkaran burung kacer adalah ketika penjodohan dan juga menetas atau tidaknya telur sewaktu dierami.

Panduan Lengkap Cara Ternak Kacer Poci Untuk Pemula

Sesudah telur menetas, dan selanjutnya terserah kalian apakah ingin diasuh sepenuhnya oleh burung indukan jantan atau betina atau kalian bisa memanennya selama waktu 10 hari untuk dirawat oleh pemiliknya. 

Sekian informasi mengenai Panduan Lengkap Cara Ternak Kacer Poci Untuk Pemula, jiak kalian suka dengan artikel ini silahkan kalian share ke media sosial atau kalian juga boleh memberikan ide atau saran, dan tuliskan dikolom komentar. Kami mohon maaf jika ada kesalah dalam penulisan atau kekurangan informasi karena semua orang berbeda pemahaman. Terimakasih

Panduan Lengkap Cara Ternak Kacer Poci Untuk Pemula