-->

Jenis Cucak Ijo Beserta Gambar Lengkap

Jenis Cucak Ijo  - Burung yang ini termasuk jenis burung yang berkicau dan memiliki banyak penggemar, dan sangat mudah untuk mengenali jenis burung ini. Ciri yang khas terdapat pada pada burung ini yaitu warnanya yang hijau pekat dan sebagian besar menutupi tubuhnya terkecuali dada dan bawah paruh. Warna hijau yang munculpada burung ini sehingga burung ini sangat terkesan lebih indah dan segar.

Jenis Cucak Ijo Beserta Gambar Lengkap

Jenis Cucak Ijo Beserta Gambar Lengkap

Umumnya burung cucak ijo menyebar luas di negara kita, terutama yang paling banyak adalah pulau jawa. Habitat asli dari jenis burung ini adalah dihutan dan hidupnya secara koloni, terkadang burung ini tempat tinggalnya nomaden artinya berpindah-pindah. Burung ini mempunyai suara yang amat merdu dan memukau, dari suara burung ini yang dapat memukau perhatian dari para kicau mania untuk saling memiliki burung cucak ijo. Kelebihan dari jens burung ini bisa emnirukan dari kicau burung lainnya apalagi dilatih secara rutin, maka bisa tampil sangat bagus dalam menirukan burung masterannya.

Pada mulanya burung cucak ijo itu burung yang liar, tapi sudah banyak yang menernakan burung ini untuk dijadikan buruung kicau yang sangat bagus. Slain mudah dijinakan dan cara merawatnya pun sangat gampang, pakan untuk burung cucak ijo ini yaitu buah-buahan, kroto, jangkrik, ulat an juga pur.

Suara dari cucak ijo ini bisa dijadikan sebagai burung masteran untuk burung lainnya, dengan karakter suara yang sangat unik dan berbeda dari suara kicau lainnya dengan suara yang sangat enak didengar dan merdu. Biasanya burung cucak ijo yang sudah pernah di ikut lombakan dan pernah mernah menjadi juara tentu saja harga dari burung ini akan sangat mahal sekali. Untuk bisa membuat cucak ijo ini gacor tentu saja maka dipelukan ketekunan untuk perawataan yang sangat baik tentunya, seperti pemberian pakan yang baik dan diberikan suara masteran dari burung lain.

Ada banyak jenis burung cucak ijo yang sangat pamiliar di kalangan para penghobi burung di indonesia, bagi kalian yang sangat penaasran ingin mengetahuinya, dan disini saya akan memberikan informasinya tentang Jenis Cucak Ijo Beserta Gambar Lengkap.


  • Cucak ijo jawa timur, bayuwangi, jember dan disekitarnya
Cucak ijo jawa timur, bayuwangi, jember dan disekitarnya

Pada umumnya sebagian banyak burung cucak ijo ini dari daerah jawa yaitu jember dan juga bayuwangi ditandai dengan bentuk fisik atau tubuh dan juga kepala yang sangat besar. Burung cucak ijo yang dari bayuwangi sangat mirip dengan cucak ijo kalimantan, dan sangat sulit untuk cara membedakannya, karena cucak ijo kalimantan banyak ciri fisiknya kembar. Untuk sekarang cucak ijo jawa timur sudah sulit ditemukan ditempat asalnya yaitu hutan. Maka perlu berwaspada terhadap penjualan jenis burung ini karena sudah termasuk ilegal dan jenis burung yang dilindungi.
  • Burung cucak ijo kalimantan
Jenis Cucak Ijo Beserta Gambar Lengkap

Jenis cucak ijo yang berasal darikalimantan yaitu jenis burung yang sangat mudah dikenali, karena dari segi warnannya hijau muda dan sudah beranjak dewasa biasanya dibulunya terdapat warna biru pada sekitar mukanya. Cucak ijo jenis kalimantan ini dari postur tubuhnya relatif lebih kecil dari jenis cucak ijo jawa, dan bentuk tubuhnya juga bulat.
  • Burung cucak ijo sumatra 
burung cucak ijo sumatra

Untuk jenis yang satu ini juga sangat mudah untuk dikenali, karena mempunyai ciri khas yang berbeda yaitu terletak di bagian kepala atasnya yang berwarna kuning. Dan warna biru pekat dibagian sisi pipinya, untuk biasanya jenis ini ialah cucak ijo yang ukuran tubuhnya lebih kecil dibanding dengan jenis cucak ijo dari jawa dan juga kalimantan. Dan untuk harganya juga sangat murah.
  • Burung cucak ijo mini
Jenis Cucak Ijo Beserta Gambar Lengkap

Jenis cucak ijo mini ini sesuaidengan namanya yaitu mini maka sudah pasti dari ukuran fisiknya kecil berbeda dengan cucak ijo lainnya yang telah diterangkan. Dari sekilas burung jenis ini hampir sama dengan tipe cucak ijo kalimantan, karena dari segi warnanya yang sangat polos. Tapi dari warna hijau mini ini lebih nampak dan tiada warna biru di pipinya. Cucak ijo mimi terkenal dengan suara yang bervariasi terkadang pelan maupun keras. Tapi dari segi keindahan hampir dari semua cucak ijo dari suaranya sangat tetap bagus.
  • Jenis cucak ijo rante atau ranti
Jenis cucak ijo rante atau ranti

Jenis cucak ijo rante ini mempunyai berbagai warna varian di bulunya dari warna kuning, hijau biru, dan juga hitam. Jenis cucak ijo rante ini dari ukuran tubuhnya sangat kecil dari cucak ijo mini, jadi bisa dibilang lebih kecil dari jenisnya. Dari segi suara cucak ijo rante ini sama bagusnya dengan jenis cucak ijo lainnya.

Demikian tentang ulasan Jenis Cucak Ijo Beserta Gambar Lengkap, semoga bisa menambah wawasan di dunia kicau mania. Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan kalian share kemedia sosial atau kalian juga boleh memberikan ide atau saran tuliskan saja di kolom komentar. Kami mohon maaf jika ada kekurangan atau kesalahan dari penulisan.Terimakasih

Jenis Cucak Ijo Beserta Gambar Lengkap