-->

Cara Ternak Kenari Yorkshire Untuk Pemula

Banyak yang bilang tentang anggapan budidaya kenari yorkshire itu tidak mudah, selain harga bahan indukannya yang sangat mahal dan sulit didapat. Para peternak juga selalu mengeluh gagal dalam penangkarannya. Memang beternak burung kenari dengan bentuk tubuh besar butuh penangkaran yang khusus, terutama tentang cara merawatnya secara teratur. Dengan informasi cara ternak kenari yorkshire ini semoga bisa membantu kalian dan dapat dijadikan sebuah referensi.

Cara Ternak Kenari Yorkshire Untuk Pemula

Cara Ternak Kenari Yorkshire Untuk Pemula

Kebanyakan orang burung kenari yorkshire dijuluki sebagai raja burung kenari, silsilah burung ini berasal dari kota Yorkshire, Inggris hasil kawin silang dengan kenari lanchashire, norwich dan juga belgia dan dikembangkan sehingga menjadi bibit yang sangat sempurna. Meski harga penjualannya yang sangat tinggi alias mahal, kenari yorkshire sangat populer dan banyak disukai kenarimania di seluruh indonesia, maupun diluar negara lainnya. Tidak usah heran jika banyak orang orang ingin membudidayakannya, dengan impian bisa mendapat keuntungan lebih besar dari ternak burung kenari lokal.

Baca Juga: Jenis Kenari Yang Bagus Untuk Lomba Atau Kontes

Terkenalnya burung kenari yorkshire dinegara kita mulai naik sejak habis tahun 2012. Pada waktu itu banyak inportir yang mendatangkan yorkshire dari berbagi jenis ring, hanya untuk memanjakan para peternak kenari dan penggemar di indonesia. Jika yang dibelinya burung kenari yorkshire inpor maka butuh adaptasi lingkungan. Suhu dan cuaca dinegara kita lumayan extrim tentu saja berbeda dari negara eropa tempat dimana para inportir itu mendatangkan burung kenari yorkshire.

Ketika kenari yorkshire belum bisa beradaptasi cuaca di tempat barunya, maka penyakit stres pada burung pun sangat besar, bahkan ada pula jika burung kenari yang sangat mahal mati mendadak karena tidak bisa beraptasi dengan lingkungan barunya. Dengan demikian tidak banyak para peternak yang sukses membudidaykan kenari yorkshire.

Sebelum kita mulai membudidayakan, tentu saja kita membutuhkan calon indukan jantan dan juga betina dari hasil seleksi yang baik. Pemilihan calon indukan hal paling penting dalam usaha penangkaran atau budidaya tidak terkecuali kenari yorkshire. Karena disetiap calon indukan akan mewarisi sifat genetika kepada turunannya, tentu saja sifat yang baik maupun yang buruk.

Para penangkar yang sudah mahir mengatakan, ada hal yang terpenting dalam memilih calon indukan yorkshire contohnya postur tubuh yang ramping, tidak gendut, berisi, dan bentuknya seperti wortel. Dibawah ini saya akan memberikan tips dan trik cara budidaya kenari yorkshire silahkan simak.

cara budidaya kenari yorkshire

  • Proses Tahap Penjodohan Burung Kenari Yorkshire
Penjodohan burung kenari yorkshire bisa dilakikan dengan berbagai cara, contohnya memisahkan calon indukan betina dan juga jantan. Jumlah induk kenari betina harus banyak atau lebih dari satu, dan dipisahkan tapi dalam kondisi berdekatan kandangnya. Dikala indukan jantan didektkan, maka akan terlihat burung kenari betina lainnya akan aktif atau dalam intilah sedang birahi. dan disitulah indukan jantan bisa digabungkan dalamsatu kandang betina yang paling aktif.

Tapi bagaimana jika budget kita terbatas, sehingga kita hanya bisa membeli sejodo kenari yorkshire jantan dan betina, dalam hal seperti ini belilah kenari yorkshire betina yang sudah berbunyi. Disaat mulai penjodohan lebih baik kenari betina maupun jantan tidak saling melihat atu hanya mendengar suaranya saja. Apabila timbul ketertarikan dari salah satu indukan, atau indukan lainnya tahap selanjutnya adalah mulai mendekatkan sangkarnya. Kemudian digabungkan dalam sangkar ternak bila burung sudah berjodoh. 

Masalah yang sering timbul dalam proses penjodohan burung kenari yorkshire yaitu indukan jantan dan betina tidak birahi, sehingga tahap penjodohan bisa berlangsung sangat lama. Untuk itu di utamakan untuk memberi pakan yang bernutrisi tinggi, serta pemberian vitamin hanya untuk burung indukan. Kalian bisa memberikan birdmatute yang sudah banyak digunakn para bredeer burung kicauan.
  • Memberiakan Makanan Yang Bernutrisi Tinggi
Memberikan makannan yang bernutrisisangat tinggi bisa mendongkrak burung-burung yang mulai beternak mengalami kenaikan birahi secara drastis. Kebanyakan para peternaka sering keliru tentang anggapan nurtisi yang sangat tinggi hanya identik dengan protein yang sangt tinggi. Padahal nutrisi mempunya kesamaan arti dengan zat gizi, jadi zat gizi lainnya yaitu energi metabolisme karbohidrat, lemak, serat, vitamin dan nutrisi cairan sangatlah penting sekali.




Dipasaran sudah banyak beredar jenis makanan burug kenari dengan berbagai jenis merk, tapi hanya beberapa jenis saja yang layak konsumsi untuk kenari yorkshire yang sedang dibudidayakan. Perbedaan lingkungan tempat tinggal dan suhu udara dinegara kita, juga sering bikin kenari yorkshire belum semuanya bisa beraptasi dengan lingkungan, sehingga bisa menimbulkan burung mengalami stress, untuk cara menangkalnya memberikan makanan yang memiliki nutrisi tinggi yang serasi dan juga imbang karena bisa membantu meredakan stres dan juga melancarkan metabolisme pada tubuhnya.

Makanan kenari seperti Birdfood juga bisa dijadikan oplosan atau tambahan makanan yang banyak nutrisi untuk membantu claon idukan yorkshire menajdi jauh lebih sehat dan produktif.
  • Sangakar Ternak Kenari Yorkshire
Banyak jenis pilihan sangkar untuk ternak budidaya kenari yorkshire, yang dipentingkan sangakar harus brada dalam tempat yang sangat aman. Juhkan kandang dari gangguan luar yang tiba-tiba muncul contohnya seperi cicak, kucing, tokek, tikus dan juga burung liar lainnya. Karena bisa mengakibatkan indukan kenari gampang stres dan berakibat patal pada proses bertelur. Selain lingkungan mengunakan lampu penerangan juga dapat membantu suksesnya kalian dalam membudidayan kenari yorkshire. 

Sebaiknya lampu dimatikan pada waktu sore hari dan dihidupkan kembali pada pagi harinya. Pada simulasi ini datang dan berakhirnya hari, jika melakukannya secara rajin maka indukan kenari akan lebih cepat melakukan proses bredding. Menjaga bersihnya situasi sangkar merupakan hal yang sangat penting harus dikerjakan setiap harinya. Kebersihan tempat burung akan membuat indukan kenari tidak gampang terserang penyakit yang bersumber dari kotorannya.
  • Memangkas Bulu Disekitar Kloaka
Burung kenari yorkshire mempunyai bulu yang tebal dan juga pendek, tapi sering juga ditemui kenari yorkshire dengan bulu yang panjang terutama ditempat kloakanya. Untuk melancarkan pase perkawinannya, perlu melakukan memangkas bulu di sekitar kloaka secara benar. Untuk meningkatkan produktifitas, tidak bnyak para peternak yang memnafaatkan jasa baby sister untuk memperlancar dalam pase perkawinannya.

Baby sister / babuan bisa menggunakan burung kenari jenis AF yang berpostur sangat besar dari pada burung lokal. Dia akan mengerami telur dan merawat anak-anaknya dari burung kenari yorkshire. Burung kenari babuan akan memulai tugasnya yaitu mengerami sesudak burung indukan bertelur dan masa mengerami telurnya itu selama tujuh hari.

Sekian informasi mengenai Cara Ternak Kenari Yorkshire Untuk Pemula semoga bisa memberi referensi buat kalian. jika kalian suka dengan artikel ini silahkan kalian share ke media sosial atau kalian juga boleh memberikan saran atau ide kirimkan melaui kolom komentar. Mohon maaf jika ada kelasahan penulisan kata atau ada kekurangan. Terimakasih
 

Cara Ternak Kenari Yorkshire Untuk Pemula